Rangkaian Hambatan pada Arus Bolak Balik

Rangkaian Hambatan pada Arus Bolak Balik – Pada kesempatan ini admin Baca Juga akan berbagi tentang Rangkaian Hambatan pada Arus Bolak Balik yang merupakan bagian materi dari Kumpulan Rumus Fisika SMA Kelas 12. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda dengan mudah bisa memahami Rangkaian Hambatan pada Arus Bolak Balik.

Dalam kehidupan sehari-hari kita jumpai alat-alat seperti dinamo sepeda dan generator. Kedua alat tersebut merupakan sumber arus dan tegangan listrik bolak-balik. Arus bolak-balik atau alternating current (AC) adalah arus dan tegangan listrik yang besarnya berubah terhadap waktu dan dapat mengalir dalam dua arah. Arus bolakbalik (AC) digunakan secara luas untuk penerangan maupun peralatan elektronik.

Sumber arus bolak-balik adalah generator arus bolak-balik yang prinsip kerjanya pada perputaran kumparan dengan kecepatan sudut ? yang berada di dalam medan magnetik. Sumber ggl bolak-balik tersebut akan menghasilkan tegangan sinusoida berfrekuensi f.

Rangkaian Hambatan pada Arus Bolak Balik

Rangkaian hambatan/resistor dalam arus bolak-balik (AC) berfungsi sebagai pembatas arus listrik yang masuk atau menurunkan potensial listrik dalam rangkaian sehingga antara arus dan tegangan pada hambatan tersebut dengan arus dan tegangan pada sumber tidak mengalami perubahan fase, yang artinya arus dan tegangan pada hambatan/resistor adalah sefase, yang dapat digambarkan sebagai berikut :Rangkaian Hambatan pada Arus Bolak Balik

(a) Rangkaian resistor dengan sumber tegangan AC, (b) Grafik arus dan tegangan sebagai fungsi waktu, (c) Diagram fasor rangkaian resistor murni.
 

Besarnya kuat arus yang melalui hambatan dapat dinyatakan dari hukum Ohm yaitu :

I = V/R = Vmax sin ωt/R = Vmax/R Sin ωt

Jika

Vmax/R = Imax 

maka

I = Imaxsin ωt

Contoh Soal

Suatu hambatan sebesar 5 Ω dihubungkan dengan sumber tegangan AC sebesar V= 20 sin Zt. Tentukan :

a. kuat arus maksimum yang melalui hambatan,

b. kuat arus efektif yang melalui hambatan!

Penyelesaian :

Dari persamaan tegangan diketahui bahwa Vmax= 20 Volt sehingga :

a. Imax=  Vmax/R= 4 A

b. Ief = 0,707 Imax= 0,707 x 4 = 2,828 A

Demikianlah info Rangkaian Hambatan pada Arus Bolak Balik dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [bj]

Rangkaian Hambatan pada Arus Bolak Balik | admin | 4.5