Nilai Rata-Rata Arus Bolak-Balik, Rumus dan Contoh Soal

Nilai Rata-Rata Arus Bolak-Balik – Pada kesempatan ini admin Rumus Fisika akan berbagi tentang Nilai Rata-Rata Arus Bolak-Balik yang merupakan bagian materi dari Kumpulan Rumus Fisika SMA Kelas 12. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda dengan mudah bisa memahami Nilai Rata-Rata Arus Bolak-Balik.

Arus dan tegangan bolak-balik adalah arus dan tegangan yang nilainya selalu berubah terhadap waktu secara periodik. Besaran seperti ini disebut arus dan tegangan bolak-balik atau AC (Alternating Current). Apabila pada arus searah Anda dapat mengetahui nilai dan tegangannya yang selalu tetap. Maka, pada arus bolak-balik Anda akan dapat mengetahui nilai maksimum yang dihasilkan dan frekuensi osilasi yang dihasilkan oleh sumbernya. Arus dan tegangan listrik bolak-balik berbentuk sinusoida

Nilai Rata-Rata Arus Bolak-Balik

Nilai rata-rata arus bolak-balik yaitu nilai arus bolak-balik yang setara dengan arus searah untuk memindahkan sejumlah muatan listrik yang sama dalam waktu yang sama pada sebuah penghantar yang sama. Hubungan antara nilai arus dan tegangan arus bolak-balik dengan nilai arus dan tegangan maksimumnya dinyatakan dalam persamaan :

Rumus Nilai Rata-Rata Arus Bolak-Balik

di mana :

Vr= tegangan rata-rata 

Ir= kuat arus rata-rata 

Vmax= tegangan maksimum 

Imax = kuat arus maksimum

Contoh Soal

Sebuah hambatan sebesar 50 Ω dihubungkan dengan sumber tegangan AC yang memenuhi persamaan V = 200 sin 200t, tentukan besarnya arus rata-rata yang mengalir pada hambatan tersebut!

Penyelesaian :

Dari persamaan tegangan diketahui bahwa

Vmax = 200 Volt, maka :

Maka

Jadi, arus rata-rata yang mengalir adalah 2,55 A.

Jala-jala listrik di rumah mempunyai tegangan 220 volt. Sebuah alat listrik dengan hambatan 50 ohm dipasang pada jala-jala tersebut. Hitunglah:

a. Nilai efektif dan maksimum tegangan

b. Nilai efektif dan maksimum arus listrik yang mengalir

Penyelesaian:

a. Tegangan hasil pengukuran adalah nilai efektif, jadi Vef = 220 volt dan R = 50 Ω

Vef = 220 volt

Vmax = V_ef √2=220√2 volt

b. Gunakan hukum Ohm untuk menentukan kuat arus.

I_ef=V_ef/R=220/50=4,4 A

I_m=V_m/R=(220√2)/50=22/5 √2 A

Demikianlah info Nilai Rata-Rata Arus Bolak-Balik, Rumus dan Contoh Soal dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [bj]

Nilai Rata-Rata Arus Bolak-Balik, Rumus dan Contoh Soal | admin | 4.5