Usaha Mengatasi Dampak Penerapan Bioteknologi

Posted on
Usaha Mengatasi Dampak Penerapan Bioteknologi – Pada kesempatan ini admin Cabang Biologi akan berbagi tentang Usaha Mengatasi Dampak Penerapan Bioteknologi yang merupakan bagian materi dari Rangkuman Biologi SMP Kelas 9. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut inI! agar anda dengan mudah bisa memahami Usaha Mengatasi Dampak Penerapan Bioteknologi.
Usaha Mengatasi Dampak Penerapan Bioteknologi

Usaha Mengatasi Dampak Penerapan Bioteknologi

Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi/mengatasi akibat buruk penggunaan bioteknologi antara lain:
1. Penanganan limbah tempe, yang secara sederhana dapat dilakukan dengan cara:
  • Menampung dan menyaring limbah/air limbah tempe ke dalam sebuah bak. Kemudian bak ditutup agar tidak menimbulkan bau.
  • Kemudian, mengalirkan air limbah yang sudah disaring ke bak pengumpul. Pada bak ini, air limbah yang berasal dari beberapa kali proses pembuatan tempe akan bercampur secara merata dan seragam.
  • Terakhir, mengalirkan air limbah yang berasal dari bak penampung, ke bak kedap udara dan selanjutnya diendapkan selama 20 hari. Di dalam bak kedap udara, benda-benda (polutan) berat yang dapat membahayakan lingkungan diuraikan oleh mikroorganisme secara alami sehingga menjadi tidak berbahaya.
2. Untuk minuman beralkohol dikenai cukai atau pajak yang tinggi sehingga harganya mahal. Akibatnya tidak sembarang orang dapat mengonsumsi. Selain itu juga secara rutin diadakan penyitaan dan pemusnahan minum-minuman keras terutama yang berkadar alkohol tinggi.
3. Di beberapa negara untuk mengurangi kecelakaan, pengemudi mobil di tes kadar alcohol dalam darahnya. [cb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *