Tujuan Pemanfaatan Sumber Daya Manusia

Tujuan Pemanfaatan Sumber Daya Manusia – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Pemanfaatan Sumber Daya Manusia untuk Memenuhi Kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan, ada sumber daya yang dapat langsung digunakan dan ada juga yang harus diolah dahulu. Pengolahan sumber daya ini ternyata juga melibatkan manusia. Negara kita kaya sumber daya alam, tetapi ada sumber daya alam yang pemanfaatannya harus melibatkan sumber daya manusia untuk mengolahnya. Sumber daya manusia dapat berupa tenaga kerja dan kewirausahaan.Pemanfaatan dan Tujuan Sumber Daya Manusia

Pemanfaatan Sumber Daya Manusia

Tenaga kerja adalah penduduk yang ikut aktif dalam kegiatan produksi. Contoh tenaga kerja dalah petani yang mengolah tanah atau sawah agar menghasilkan padi, sayuran, buah, dan hasil pertanian lain. Mesin-mesin di pabrik juga membutuhkan tenaga kerja untuk mengoperasikannya.

Kewirausahaan adalah semangat, sikap, dan perilaku seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan ekonomi sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Orang yang memiliki mental kewirausahaan disebut wirausaha. Seorang wirausaha pasti memiliki keberanian, kreativitas, selalu berpikiran jauh ke depan, dan bisa melihat peluang usaha yang menguntungkan.

Sumber daya manusia harus diperhatikan dengan sebaik-baiknya agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Perilaku yang tepat dalam pengelolaan sumber daya manusia sangat berpengaruh terhadap hasil kerja. Dalam membangun bangsa, peran sumber daya manusia sangat penting. Oleh karena itu, pemerintah benar-benar memperhatikan program pendidikan. Tujuannya agar tercipta sumber daya manusia berkualitas yang mampu membawa Indonesia semakin maju.

Tujuan Pemanfaatan Sumber Daya Manusia

Tujuan pengembangan sumber daya manusia menurut Martoyo (1992) adalah dapat ditingkatkannya kemampuan, keterampilan dan sikap karyawan/anggota organisasi sehingga lebih efektif dan efisien dalam mencapai sasaran-sasaran program ataupun tujuan organisasi.

Menurut Manullang (1980), tujuan pengembangan pegawai sebenarnya sama dengan tujuan latihan pegawai. Sesungguhnya tujuan latihan atau tujuan pengembangan pegawai yang efektif, adalah untuk memperoleh tiga hal yaitu :

  1. menambah pengetahuan
  2. menambah ketrampilan
  3. merubah sikap

Sedangkan manfaat dan tujuan dari kegiatan pengembangan sumber daya manusia menurut Schuler (1992), yaitu :

a) Mengurangi dan menghilangkan kinerja yang buruk

Dalam hal ini kegiatan pengembangan akan meningkatkan kinerja pegawai saat ini, yang dirasakan kurang dapat bekerja secara efektif dan ditujukan untuk dapat mencapai efektivitas kerja sebagaimana yang diharapkan oleh organisasi.

b) Meningkatkan produktivitas

Dengan mengikuti kegiatan pengembangan berarti pegawai juga memperoleh tambahan ketrampilan dan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi pelaksanaan pekerjaan mereka. Dengan semikian diharapkan juga secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas kerjanya.

c) Meningkatkan fleksibilitas dari angkatan kerja

Dengan semakin banyaknya ketrampilan yang dimiliki pegawai, maka akan lebih fleksibel dan mudah untuk menyesuaikan diri dengan kemungkinan adanya perubahan yang terjadi dilingkungan organisasi. Misalnya bila organisasi memerlukan pegawai dengan kualifikasi tertentu, maka organisasi tidak perlu lagi menambah pegawai yang baru, oleh Karena pegawai yang dimiliki sudah cukup memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut.

d) Meningkatkan komitmen karyawan

Dengan melalui kegiatan pengembangan, pegawai diharapkan akan memiliki persepsi yang baik tentang organisasi yang secara tidak langsung akan meningkatkan komitmen kerja pegawai serta dapat memotivasi mereka untuk menampilkan kinerja yang baik.

e) Mengurangi turn over dan absensi

Bahwa dengan semakin besarnya komitmen pegawai terhadap organisasi akan memberikan dampak terhadap adanya pengurangan tingkat turn over absensi. Dengan demikian juga berarti meningkatkan produktivitas organisasi.

Jika disimak dari pendapat para ahli, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan pengembangan pegawai, pada umumnya adalah sebagai berikut :

  1. Agar pegawai dapat melakukan pekerjaan lebih efisien.
  2. Agar pengawasan lebih sedikit terhadap pegawai.
  3. Agar pegawai lebih cepat berkembang.
  4. Menstabilisasi pegawai.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Tujuan Pemanfaatan Sumber Daya Manusia dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [pb]