Tuas Pesawat Sederhana, Rumus, Jenis, Contoh Soal

Tuas – bacajuga.com berikut akan berbagi penjelasan mengenai Tuas, mulai dari rumus tuas, pembagian tuas serta contoh soal yang dilengkapi dengan penyelesaiannya. Tuas atau pengungkit adalah salah satu pesawat sederhana yang digunakan untuk mengubah efek atau hasil dari suatu gaya. Hal ini dimungkinkan terjadi dengan adanya sebuah batang ungkit dengan titik tumpu (fulcrum), titik gaya (force), dan titik beban (load) yang divariasikan letaknya.

Contoh penggunaan prinsip pengungkit adalah gunting, linggis, dan gunting kuku. pada masa ini, tuas sudah banyak dikembangkan menjadi berbagai alat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. gunting kuku adalah salah satu alat fisika yang menggunakan prinsip tuas.

Tuas Pesawat Sederhana

Saat kita ingin memindahkan barang atau batu supaya tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu banyak maka kita dapat menggunakan tuas. Tuas kayu atau besi atau apapun yang menggunakan prinsip seperti timbangan untuk mengimbangi berat benda dengan gaya yang digunakan untuk mengungkit benda tersebut.

Tuas Pesawat Sederhana
Tuas Jenis Pesawat Sederhana

Rumus Tuas

Perhatikan Gambar Tuas di atas, jika benda yang akan diungkit memiliki berat w, diletakkan pada ujung tuas, yang diletakkan pada titik tumpu sejauh lB. maka kita akan memerlukan gaya sebesar F pada jarak lK untuk mengungkitnya. lB adalah lengan beban yang merupakan jarak beban terhadap titik tumpu, sedangkan lK adalah lengan kuasa yang merupakan jarak gaya terhadap titik tumpu. Saat benda dapat diungkit maka kita bisa buat persamaan tuas (rumus tuas) sebagai berikut.

w . lb = F . lk

Keterangan:

w = beban (N)

F = gaya/kuasa (N)

lB = lengan beban (m)

lK = lengan kuasa (m)

Perbandingan antara berat beban dan gaya kuasa atau perbandingan antara lengan kuasa dan lengan beban disebut keuntungan mekanis. Dalam hal ini,Rumus Keuntungan Mekanis Tuas

dengan: KM = keuntungan mekanis (tidak mempunyai satuan)

Jenis Tuas

Jenis TuasMacam macam Tuas dibedakan atas 3 kelas. Yaitu:

  1. Kelas Pertama yaitu titik tumpu (T) berada di tengah, di antara lengan kuasa(Lk)dan lengan beban (Lb). Contoh: Palu, gunting,linggis,tang pemotong rumput,gunting kuku.
  2. Kelas kedua Yaitu lengan beban berada di antara titik tumpu dan lengan kuasa. Contoh: gerobak, pemecah biji, dan pembuka botol.
  3. Kelas ketiga Yaitu lengan kuasa berada di antara lengan beban dan titik tumpu. Contoh: pinset, pisau, pemotong kertas.

Contoh Soal

Sebuah tuas memiliki lengan beban 2 cm dan lengan kuasa 10 cm. Jika kita ingin mengangkat beban yang memiliki berat 5 N, berapa gaya yang harus kita gunakan? tentukan pula keuntungan mekanis alat tersebut !

Contoh Soal Tuas

Bukan cuma Tuas saja yang masuk jenis pesawat sederhana, masih ada bidang miring dan katrol.

Nach itulah penjelasan singkat tentang tuas mulai dari defenisi tuas, rumus tuas serta contoh soal dan penyelesaiannya. Semoga penjelasan di atas dapat dipahami dan dimengerti serta bermanfaat bagi kita semua. [bj]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *