Pengertian Tekanan pada Zat Padat dan Rumus Tekanan Zat Padat

Posted on
Tekanan pada Zat Padat – Pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi tentang Pengertian Tekanan pada Zat Padat dan Rumus Tekanan Zat Padat yang merupakan bagian materi dari Kumpulan Materi Rumus Fisika SMP Kelas 8. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda lebih memahami tentang Pengertian Tekanan pada Zat Padat dan Rumus Tekanan Zat Padat.

Pengertian Tekanan pada Zat Padat

Ketika  kamu  mendorong  uang  logam  di  atas  plastisin, berarti  kamu  telah  memberikan  gaya pada  uang  logam.  Besarnya tekanan uang logam pada plastisin bergantung pada  besarnya dorongan (gaya) yang kamu berikan dan luas bidang  tekannya.  Semakin  besar  gaya  tekan  yang  kamu berikan,  semakin  besar  pula  tekanan  yang  terjadi.  Namun,  semakin  besar  luas  bidang  tekan suatu  benda  maka  semakin  kecil  tekanan yang terjadi. Dengan demikian, tekanan berbanding lurus dengan  gaya  tekan  dan  berbanding  terbalik  dengan  luas bidang tekan. Jadi bisa kita simpulkan bahwa :

Tekanan pada Zat Padat adalah perbandingan besar gaya dengan luas permukaan bidang pada zat padat.

Rumus Tekanan Zat Padat

Secara matematis, besaran tekanan dapat  dituliskan dalam persamaan sebagai berikut.
Rumus Tekanan pada Zat padat
dengan:  
p  = tekanan (N/m2)

F  = gaya tekan (N)

A  = luas bidang (m2)

Satuan tekanan dalam Sistem Internasional (SI) adalah N/m2. Satuan ini juga disebut pascal (Pa).

1 Pa = 1 N/m2

Setelah  mengetahui  bahwa  besar  tekanan  dipengaruhi oleh gaya dan luas bidang, sekarang kamu dapat menjelaskan mengapa  bekas  kaki  ayam  lebih  dalam  daripada  bekas kaki  itik  jika  keduanya  berjalan  di  atas  lumpur.  Untuk memudahkan usaha (kerja), kamu harus membuat pengiris bawang  (pisau)  atau  jarum  lebih  runcing.  Oleh  sebab  itu,  dengan  memperkecil  luas  bidang  tekan  merupakan  upaya  untuk  memperbesar  tekanan.  Alat-alat  berikut  sengaja  dibuat dengan memperkecil luas bidang tekanannya untuk  mendapatkan tekanan yang jauh lebih besar.

Contoh Soal

Sebuah balok memiliki panjang 10 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 4 cm, serta  berat  20  N.  Jika  balok diletakkan  pada  posisi  yang  berbeda  (seperti gambar), tentukan:
Contoh soal tekanan
a.  luas bidang tekan untuk masing-masing posisi;
b.  besarnya  tekanan  yang  dikerjakan  benda  tersebut  pada  alasnya.

Penyelesaian:

Sebelumnya, kamu harus mengubah satuan yang bukan SI menjadi  satuan SI.
p  =  10 cm  =  0,1 m
l  =  8 cm  =  0,08 m
t  =  4 cm  =  0,04 m
F  =  20 N
a.  Luas bidang tekan masing-masing posisi
Luas permukaan bidang
b.  Tekanan masing-masing posisi
Rumus Tekanan pada Zat padat
Tekanan pada zat padat
Apabila kamu bandingkan besarnya tekanan dari ketiga posisi tersebut,  semakin kecil luas bidang tekannya, semakin besar tekanannya.

Kata Kunci :

definisi tekanan zat padat,dimensi tekanan zat padat,hukum pada zat padat,jelaskan apa yg di maksud dengan tekanan zat padat,jelaskan perbedaan antara tekanan pada zat cair dan tekanan pada benda padat,pengertian tekanan pada benda padat,rumus tekanan jat padat,sebutkqn contoh fluida statis dan fluida dinamis,Tekanan zat padat tentukan dimensinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *