Sifat-Sifat Muatan Listrik dalam Listrik Statis Fisika

Sifat-Sifat Muatan Listrik – Pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi tentang Sifat-Sifat Muatan Listrik dalam Listrik Statis Fisika yang merupakan bagian materi dari Kumpulan Rumus Fisika SMP Kelas 9. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda dengan mudah memahami Sifat-Sifat Muatan Listrik dalam Listrik Statis Fisika.

Sifat-Sifat Muatan Listrik

Kamu sudah mengetahui bahwa benda bermuatan listrik, baik positif atau negatif, dapat menarik serpihan kertas kecil. Bagaimanakah jika benda-benda yang bermuatan saling didekatkan? Untuk mengetahui jawabannya cobalah melakukan kegiatan berikut secara berkelompok. Sebelumnya, bentuklah satu kelompok yang terdiri 4 siswa; 2 laki-laki dan 2 perempuan.

Percobaan Sifat-Sifat Muatan Listrik

Tujuan:

Mengamati sifat dua benda bermuatan listrik.

Alat dan Bahan :

  • Batang kaca
  • Sisir plastik
  • Ebonit
  • Kain wol
  • Statif

Cara Kerja :

  • Gosoklah batang kaca dengan kain wol, kemudian gantungkan pada statif.
  • Sisirlah rambut keringmu dengan sisir plastik beberapa kali.
  • Dekatkan sisir plastik pada salah satu ujung batang kaca. Amatilah ujung batang kaca?
  • Gosoklah ebonit dengan kain wol kemudian gantungkan pada statif.
  • Dekatkan sisir plastik dengan ebonit. Amatilah ujung ebonit.

Pertanyaan:

  • Apakah reaksi batang kaca dengan sisir plastik dan ebonite dengan sisir plastik berbeda? Mengapa?
  • Nyatakan kesimpulanmu dalam buku kerjamu.

Pada percobaan diperoleh bahwa batang kaca yang didekati sisir plastik akan tarik-menarik. Hal ini terjadi akibat gosokan dengan kain wol batang kaca bermuatan positif dan sisir plastik akan bermuatan negatif. Dengan demikian, muatan yang tidak sama (positif – negatif) apabila berdekatan akan saling menarik. Perbedaan terjadi pada ebonit dan sisir plastik. Ebonit yang didekati sisir plastik akan tolak-menolak. Hal ini disebabkan jenis muatan listrik yang dihasilkan akibat gosokan antara ebonit dan sisir plastik sama, yaitu muatan negatif. Jadi, muatan yang sejenis (negatif – negatif) jika berdekatan akan tolak-menolak.

Percobaan seperti Gambar a dan Gambar b menunjukkan adanya gaya tarik-menarik dan gaya tolak-menolak antara muatan dari benda yang berbeda, yaitu kaca dengan sisir plastik dan ebonite dengan sisir plastik. Dapatkah gaya tarik-menarik dan gaya tolakmenolak terjadi pada benda yang sama?

Batang kaca akan tarik menaik dengan sisir plastik
Gambar a. Batang kaca akan tarik menaik dengan sisir plastik
Batang ebonit dan sisi plastik akan saling menolak
Gambar b Batang ebonit dan sisi plastik akan saling menolak

Gaya tarik-menarik atau gaya tolak-menolak antarmuatan dapat terjadi pada benda yang sama, misalnya dua batang kaca. Jika kedua batang kaca digosok dengan kain sutra dan didekatkan, akan tolak-menolak, karena kedua benda bermuatan sejenis. Hal yang sama dapat terjadi pada dua penggaris plastik yang digosok dengan kain wol.

Demikianlah info Sifat-Sifat Muatan Listrik dalam Listrik Statis Fisika dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [bj]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *