Sifat Bayangan Cermin Cekung, Sinar Istimewa

Sifat Bayangan Cermin Cekung – Berikut ini kami akan berbagi penjelasan mengenai sifat bayangan cermin cekung. Seperti diketahui bersama bahwa terdapat juga jenis cermin yang dipelajari dalam materi fisika yaitu cermin datar, cermin cembung, dan cermin cekung. Dalam pembentukan bayangan dari cermin cekung tentunya memiliki sifat bayangan cermin cekung sendiri yang berbeda dengan sifat bayangan dari dua cermin datar dengan cembung.

Sifat Bayangan Cermin Cekung

Cermin cekung merupakan cermin yang mirip dengan bentuk dari suatu bola. Dengan lapisan sebelah dalam yang berfungsi sebagai cermin. Jarak cermin terhadap titik pusat bola pembentuknya disebut jari-jari. Setengah dari jarijari terdapat suatu titik yang merupakan fokus dari cermin tersebut. Fokus biasa dilambangkan dengan f sedangkan jari-jari dengan R atau biasa juga disimbolkan dengan M (jari-jari kelengkungan cermin).

Cermin Cekung
Titik pusat kelengkungan (M), titik fokus(f), dan titik pusat bidang(O) cermin cekung

Titik fokus ( f ) cermin cekung berada di depan cermin cekung. Oleh karena itu, jarak fokus ( f ) cermin cekung bernilai positif. Cermin cekung (konkaf) merupakan cermin konvergen, yakni bersifat mengumpulkan sinar.

Sifat Cermin Cekung
Sifat Konvegen Cermin Cekung


Sinar-sinar yang menuju cermin cekung dipantulkan dan berpotongan pada suatu titik. Titik tersebut dinamakan titik fokus.

Sinar-sinar Istimewa pada Cermin Cekung

Pada cermin cekung terdapat tiga sinar istimewa yang dapat digunakan untuk melukis bayangan. Tiga sinar istimewa tersebut adalah sebagai berikut:

(a). Sinar datang yang sejajar dengan sumbu utama dipantulkan melalui titik fokus utama ( f ).

(b.) Sinar datang yang melalui titik fokus utama ( f ) dipantulkan sejajar dengan sumbu utama.

(c). Sinar datang yang melalui titik pusat kelengkungan (M) dipantulkan melalui M juga.

Sinar-sinar Istimewa pada Cermin Cekung
Sinar-sinar Istimewa pada Cermin Cekung

Sehingga jika kita melukiskan jalan sinar dari suatu benda terletak pada titik M akan tampak seperti gambar. Tampak benda berada pada posisi yang sama dalam keadaan terbalik dan terbentuk dari perpotongan sinar pantul sehingga bayangan merupakan bayangan yang nyata.

Sifat Bayangan yang Dibentuk pada Cermin Cekung

Bagaimana sifat bayangan cermin cekung yang dihasilkan jika pada posisi yang berbeda. Sifat bayangan yang dihasilkan benda yang terletak antara antara pusat kelengkungan cermin (M) dan titik fokus dengan antara titik fokus dan titik pusat bidang cermin. Berdasarkan hal itu cermin cekung dibagi dalam empat ruang seperti pada gambar berikut:Sifat Bayangan Cermin Cekung

Bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung bisa berupa bayangan nyata atau maya. Hal ini tergantung pada tempat benda semula berada. Beberapa sifat bayangan dari cermin cekung adalah sebagai berikut.

  • Jika benda di ruang III akan menghasilkan bayangan di ruang II yang bersifat nyata, terbalik diperkecil.
  • Jika benda di ruang II akan menghasilkan bayangan di ruang III yang bersifat nyata, terbalik diperbesar.
  • Jika benda tepat berada di titik fokus (f) cermin cekung maka tidak ada bayangan yang terbentuk.
  • Jika benda di ruang I akan menghasilkan bayangan di ruang IV yang bersifat maya, tegak diperbesar.

Demikian penjelasan Sifat Bayangan Cermin Cekung yang dapat kami bagikan kali ini. Dan sahabat juga dapat mengetahui Sifat Bayangan Cermin Cembung agar sahabat dapat membedakan sifat-sifat bayangan kedua jenis cermin tersebut. Semoga bermanfaat!. [bj]