Rangkuman Materi Fisika Tentang Gaya, Usaha, Energi

Rangkuman Materi Fisika Tentang Gaya, Usaha, dan Energi Lengkap Rumusnya – Untuk mempermudah sahabat untuk memahami kembali beberapa materi tentang Gaya, Usaha, dan Energi, Maka kali ini kami akan membagikan Rangkuman Materi Fisika Tentang Gaya, Usaha, dan Energi Lengkap Rumusnya. Kami akan berbagi garis-garis besar dari materi-materi dalam pembahasan gaya, usaha, dan energi.

Rangkuman Materi Fisika Tentang Gaya, Usaha, dan Energi Lengkap Rumusnya

Berikut beberapa rangkumannya khusus sahabat bacajuga.com :

1. Rangkuman Materi Gaya

Gaya adalah sesuatu yang berupa tarikan atau dorongan. Perubahan oleh gaya dapat berupa benda diam menjadi bergerak, benda bergerak menjadi diam, bentuk dan ukuran benda berubah atau berupa perubahan arah gerak benda.Rangkuman Materi Fisika

Beberapa gaya yang bekerja pada suatu benda dalam satu garis kerja dapat diganti oleh sebuah gaya yang dinamakan resultan gaya. Besarnya resultan gaya

FR = F1 + F2 + F3 … + Fn

Berat benda adalah gaya tarik bumi yang bekerja pada benda tersebut. Jadi arah gaya berat selalu menuju pusat bumi. Berbeda dengan berat benda, massa benda adalah ukuran banyaknya zat yang terkandung dalam suatu benda. Perbandingan antara berat dengan massa suatu benda disebut percepatan gravitasi.

Baca : Bunyi Hukum Archimedes

Gaya gesekan adalah gaya yang timbul akibat persentuhan langsung antara dua permukaan benda dengan arah berlawanan terhadap kecenderungan arah gerak benda.

Hukum I Newton berbunyi “Suatu benda yang diam akan tetap diam, dan suatu benda yang sedang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap/konstan pada lintasan lurus kecuali jika ada gaya luar yang bekerja terhadap benda tersebut “.

F = 0

 

Hukum II Newton berbunyi “Benda yang mengalami gaya akan memperoleh percepatan yang besarnya berbanding lurus dengan besar gaya dan berbanding terbalik dengan massanya. Secara matematik hukum II Newton dapat dirumuskan dengan:

F = m . a

 

Hukum III Newton berbunyi “Jika suatu gaya melakukan aksi terhadap suatu benda maka akan timbul gaya reaksi dari benda tersebut dengan arah yang berlawanan”.

Faksi = – Freaksi

 

Baca : Rumus Pascal

2. Rangkuman Materi Usaha

Usaha adalah besarnya perpindahan yang dihasilkan oleh suatu gaya. Satuan usaha dalam SI adalah Joule ( J ). Usaha yang dilakukan gaya itu dinyatakan sebagai:

W = F . s

Daya adalah usaha atau perubahan energi tiap satu satuan waktu. Satuan daya dalam SI adalah Joule per sekon (J/s) atau Watt.

P = W / t

 

3. Rangkuman Materi Energi

Energi adalah kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha. Energi memiliki beragam bentuk diantaranya energi listrik, energi panas, energi bunyi, energy cahaya, energi kinetik dan energi potensial.

Energi di alam adalah tetap, sehingga berlaku hukum kekekalan energi yang menyatakan bahwa : ” energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan tetapi dapat berubah bentuk”.

Pesawat sederhana adalah alat untuk memudahkan melakukan usaha. Dengan menggunakan pesawat, kita cukup memberikan gaya yang kecil untuk mengangkat atau memindahkan benda-benda yang berat. Yang termasuk dalam alat sederhana antara lain tuas, katrol dan bidang miring.

Baca : Pesawat Sederhana Bidang Miring

Tekanan merupakan besarnya gaya yang bekerja per satuan luas, maka hubungan antara tekanan, gaya dan luas permukaan adalah:

p = F / A

 

Tekanan zat cair ditimbulkan gaya gravitasi terhadap massa zat cair dan besarnya bergantung pada kedalaman zat cair dan massa jenis zat cair tersebut.

p = ρ . g . h

 

Hukum Pascal menyatakan “tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar”. Hukum Pascal melandasi kerja alat dongkrak hidrolik, mesin hidrolik pengangkat mobil dan rem piringan hidrolik.

Hukum Archimedes menyatakan: “Suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut”. Hukum Archimedes banyak diterapkan dalam berbagai alat seperti kapal laut, hidrometer, jembatan ponton dan kapal selam.

Kita hidup dalam lautan udara yang disebut atmosfer (lapisan udara). Tekanan udara di permukaan laut rata-rata 76 cmHg (1,013 x 105 N/m2).

Baca : Pesawat Sederhana Katrol

Nach demikian penjelasan kali ini mengenai Rangkuman Materi Fisika Tentang Gaya, Usaha, dan Energi Lengkap Rumusnya, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua dalam mengingat kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya. [bj]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *