Perubahan Bentuk-Bentuk Energi dalam Fisika

Perubahan Bentuk-Bentuk Energi – Pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi tentang Perubahan Bentuk-Bentuk Energi dalam Fisika yang merupakan bagian materi dari Kumpulan Rumus Fisika SMP Kelas 8. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda dengan mudah bisa memahami Perubahan Bentuk-Bentuk Energi dalam Fisika.

Perubahan Bentuk-Bentuk Energi

Energi tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnahkan, tetapi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain. 

Pada umumnya, manfaat energi akan terlihat setelah berubah bentuk menjadi energi yang lain. Misalnya, energi listrik akan bermanfaat ketika berubah bentuk menjadi energi cahaya atau panas. 
Untuk memahami perubahan bentuk energi ini, lakukanlah kegiatan berikut.

Kegiatan : Perubahan Bentuk-Bentuk Energi

Tujuan : Memahami perubahan bentuk energi

Alat dan bahan

  • Sebuah lampu 3 volt DC, sakelar, baterai, dan kabel secukupnya

Cara kerja

  • Siapkan alat dan bahan.
  • Rangkaikan alat dan bahan menjadi rangkaian, seperti pada Gambar di bawah.
  • Sambungkan sakelar. Apakah yang terjadi pada lampu?
  • Peganglah lampu. Apakah yang kamu rasakan?
    Perubahan Bentuk-Bentuk Energi dalam Fisika

Pertanyaan

  • Perubahan energi apa sajakah yang terjadi pada peristiwa tersebut?
  • Berilah kesimpulanmu dari kegiatan ini.

Untuk lebih memahami perubahan bentuk energi, lakukanlah kegiatan sederhana pada berikut. Kemudian, diskusikan dengan teman-teman dan guru Fisikamu.

Tugas Perubahan Bentuk-Bentuk Energi
  • Gosok-gosokkan kedua telapak tanganmu beberapa saat. Apakah yang kamu rasakan?
  • Perubahan bentuk energi apakah yang terjadi pada peristiwa tersebut?
  • Jatuhkan sebuah kaleng dari ketinggian tertentu. Apakah yang terjadi?
  • Perubahan energi apa sajakah yang terjadi pada peristiwa tersebut?

Matahari sebagai sumber energi terbesar yang diciptakan Tuhan telah mengalami beberapa perubahan bentuk energi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia. Misalnya, energi panas dan energi cahaya matahari menyinari tumbuhan sehingga tumbuhan dapat melakukan fotosintesis. Dengan demikian, tumbuhan memiliki energi kimia. Tumbuhan dimakan manusia atau hewan sehingga manusia atau tumbuhan memiliki energi untuk melakukan usaha.
Beberapa kegiatan tersebut menunjukkan bahwa energi dapat diubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi yang lain. Energi kimia yang terkandung dalam batu baterai dapat mengalirkan muatan listrik jika dihubungkan dengan kabel. Jika aliran listrik tersebut melalui sebuah lampu, lampu akan menyala dan lama kelamaan lampu menjadi panas. Pada peristiwa tersebut, telah terjadi beberapa perubahan energi, antara lain energi kimia, energi listrik, energi cahaya, dan energi panas. Ketika kedua telapak tanganmu digosok-gosokkan, lama-kelamaan telapak tanganmu akan terasa panas. Hal ini menunjukkan bahwa pada telapak tanganmu telah terjadi perubahan energi dari energi gerak menjadi energi panas.