Perbedaan Massa dan Berat, Pengertian, Rumus

Posted on

Perbedaan Massa dan Berat – Dalam materi pembelajaran Fisika terutama gaya, usaha, dan energi, penting untuk mengetahui perbedaan massa dan berat. Sahabat mungkin telah memiliki gambaran tentang perbedaan massa dan berat tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa orang yang mengartikan bahwa berat itu tidak ada bedanya dengan massa.

Perbedaan Massa dan Berat

Nach untuk mengetahui apa sebenarnya perbedaan massa dan berat, berikut ini bacajuga.com akan berbagi penjelasan khusus bagi sahabat Fisika. Berikut ulasannya:

Pengertian Berat benda adalah gaya tarik bumi yang bekerja pada benda tersebut. Jadi arah gaya berat selalu menuju pusat bumi.

Baca : Pengertian Kalor Jenis

Berbeda dengan berat benda, pengertian massa benda adalah ukuran banyaknya zat yang terkandung dalam suatu benda. Dengan demikian, massa benda tidak berubah dimanapun benda tersebut berada. Sedangkan berat benda berubah-ubah, bergantung pada dimana benda tersebut berada. Untuk lebih paham tentang perbedaan massa dan berat perhatikan tabel berikut ini.Perbedaan Massa dan Berat

Hubungan Gravitasi dengan Massa dan Berat

Perbandingan antara berat dengan massa suatu benda disebut percepatan gravitasi. Dengan demikian secara matematis dapat dituliskan:

g=\frac{W}{m}

Keterangan:

w = berat benda ( N )

m = massa benda (kg)

g = percepatan gravitasi (m/s2)

Sedangkan untuk menghitung berapa berat sebuah benda, maka berat dapat dirumuskan sebagai perkalian dari massa dan percepatan gravitasi.

w = m . g

Dan kemudian untuk menghitung berapa massa dari sebuah benda jika diketahui berat benda beserta percepatan gravitasi di suatu tempat, maka massa benda dapat dihitung dengan menggunakan persamaan pembagian antara berat benda dengan percepatan gravitasi:

m = w / g

Baca : Cara Perpindahan Kalor

Catatan :

Di permukaan bumi rata-rata percepatan gravitasi adalah 9,8 m/s2 (kadang juga dibualtkan menjadi 10 m/s2), sedangkan di permukaan bulan rata-rata percepatan gravitasi sekitar seperenam dari percepatan gravitasi bumi, yaitu sekitar 1,6 m/s2.

Gaya Normal

Gaya Normal (N) adalah gaya sentuh pada benda yang berarah tegak lurus bidang sentuh. Jadi arah gaya normal akan selalu tegak lurus pada permukaan yang menopang.

Gaya Normal
Gaya pada balok yang diam

Untuk kasus seperti ini maka :

N = w atau N = m . g

Karena gaya normal memiliki hubungan dengan berat benda, tentunya hal ini juga memberikan kaitan antara massa dan berat benda.

Baca : Rumus Kalor

Nach demikianpenjelasan singkat mengenai Perbedaan Massa dan Berat yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, dan semoga penjelasan di atas dapat dengan mudah dipahami dan menjadi referensi yang baik bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *