Penurunan Sifat pada Manusia dalam Pewarisan Sifat

Posted on
Penurunan Sifat pada Manusia – Pada kesempatan ini admin Cabang Biologi Akan berbagi tentang Penurunan Sifat pada Manusia dalam Pewarisan Sifat yang merupakan bagian materi dari Rangkuman Materi Biologi SMP Kelas 9. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda dapat memahami dengan baik Penurunan Sifat pada Manusia dalam Pewarisan Sifat.

Penurunan Sifat pada Manusia dalam Pewarisan Sifat

Manusia mempunyai 23 pasang kromosom yang terdiri dari autosom (kromosom tubuh dan gonosom (kromosom kelamin). Maka rumus kromosom pada pria adalah 22AAXY dan pada wanita 22AAXX. Rumus tersebut artinya manusia memiliki 22 pasang autosom dan sepasang kromosom yang menentukan jenis kelamin (gonosom/kromosom s3ks). Jadi kromosom s3ks ada dua jenis, yaitu XY untuk pria dan XX untuk wanita.

1. Pewarisan Sifat yang Terpaut dalam Kromosom S3ks

Gen yang bertempat pada kromosom s3ks disebut gen terpaut s3ks. Sifat gen yang terpaut dalam s3ks sifatnya bergabung dengan jenis kelamin tertentu dan diwariskan bersama kromosom s3ks. Umumnya gen terpaut s3ks terdapat pada kromosom X, tetapi ada juga yang terpaut pada kromosom Y.

a. Buta warna

Orang yang menderita buta warna tidak dapat membedakan warna-warna tertentu, buta warna merah hijau, tidak mampu membedakan warna merah dan hijau. Buta warna ini dikendalikan oleh gen resesif. Gen ini terpaut dalam kromosom X. Terdapat 5 kemungkinan genotipe, yaitu:
  • XC XC : wanita normal
  • Xc Xc : wanita buta warna
  • XC Xc : wanita pembawa buta warna/karier
  • XC Y : pria normal
  • Xc Y : pria buta warna

Wanita karier atau pembawa artinya wanita yang secara fenotipe normal tetapi secara genotipe dia membawa alel sifat resesif untuk buta warna.

b. Hemofilia

Hemofilia merupakan kelainan dimana seseorang darahnya tidak dapat/sulit membeku bila luka. Luka kecil pun dapat menyebabkan penderita meninggal karena terjadi pendarahan yang terus-menerus. Gen yang mengendalikan sifat ini adalah gen resesif dan terpaut dalam kromosom X. Dalam keadaan homozigot resesif gen ini bersifat letal (menimbulkan kematian).
Beberapa kemungkinan susunan genotype adalah:
  • XH XH : wanita normal
  • Xh Xh : wanita hemofilia bersifat letak
  • XH Xh : wanita pembawa/karier
  • XH Y : pria normal
  • Xh Y : pria hemofilia

2. Penurunan Sifat Golongan Darah Sistem A, B, O

Untuk mengetahui kemungkinan susunan genotipe dari golongan darah sistem A, B, O, perhatikan Tabel berikut ini.
Hubungan antara Fenotipe Golongan Darah, Genotipe, dan Macam Gamet

Hubungan antara Fenotipe Golongan Darah, Genotipe, dan Macam Gamet

Sekarang coba kalian tanyakan golongan darah orang tua, kemudian carilah bagaimanakah kemungkinan golongan darah anak-anaknya.

3. Manfaat Persilangan bagi Manusia

Persilangan tumbuhan atau hewan ini sangat bermanfaat karena dapat memilih sifat-sifat yang baik dan menghilangkan sifat-sifat yang kurang baik, dengan demikian persilangan dapat digunakan untuk memperoleh bibit unggul atau menghasilkan keturunan dengan sifat-sifat yang unggul atau yang baik, dengan demikian manfaat persilangan antara lain:
  • Menghasilkan keturunan dengan sifat-sifat yang baik.
  • Menghasilkan bibit unggul baik pada tumbuhan maupun hewan, misalnya varietas tanaman jenis unggul hasil persilangan PB5, PB8, IR22, IR24, juga pada ternak, misalnya sapi Santa gertrudis, hasil persilangan sapi brahman dengan sapi shorthorn.
  • Banyak lagi manfaat persilangan yang dapat dirasakan manusia. Coba kalian cari manfaat-manfaat lain adanya persilangan bagi manusia. [cb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *