Penghematan Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Penghematan Energi Listrik – Pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi tentang Penghematan Energi Listrik yang merupakan bagian materi dari Kumpulan Rumus Fisika SMP Kelas 9. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda dengan mudah bisa memahami Penghematan Energi Listrik.

Penghematan Energi Listrik

Sumber energi ada yang dapat diperbarui dan ada pula yang tidak dapat diperbarui. Sebagian besar sumber energi yang kita gunakan di rumah dan untuk angkutan merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Akibatnya pada suatu saat akan terjadi krisis energi. Karena jumlah permintaan energi melebihi batas energi yang tersedia di bumi, maka para ahli menunjukkan bahwa minyak bumi dan batu bara di dunia ini akan habis dalam kurun waktu tertentu.Penghematan Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Walaupun energi listrik yang disediakan PLN cukup besar namun belum mencukupi kebutuhan listrik secara nasional. Karena masih terdapat daerah di tanah air ini yang belum mendapat suplai listrik. Pemerintah terus mengembangkan penyediaan energi listrik guna pemerataan penggunaan listrik untuk meningkatkan perkembangan industri di seluruh tanah air.

Sumber energi yang terbatas dan banyaknya permintaan listrik di tanah air mendorong kita untuk menghemat energi di antaranya penghematan energi listrik. Pemanfaatan energi listrik secara efektif perlu digalakkan pada seluruh pengguna energi listrik. Jatah daya listrik yang diberikan PLN perlu dimanfaatkan sebaikbaiknya.

Berikut ini beberapa usaha penghematan energi listrik.

  • Mematikan saklar alat listrik yang tidak digunakan.
  • Menyalakan lampu setelah gelap.
  • Menggganti lampu pijar dengan lampu TL.
  • Memilih alat-alat listrik yang berdaya rendah.
  • Membuat ruangan berjendela.
  • Mencari sumber-sumber energi alternatif yang dapat diperbarui.
  • Menemukan alat-alat baru yang menggunakan tenaga surya.

Cara Menghemat Energi Listrik

Untuk lebih menambah pengetahuan mengenai penghematan energi listrik, berikut ini beberapa cara menghemat energi listrik yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Gunakan Air secukupnya. Dalam kehidupan air adalah sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, maka gunakanlah air dengan abik serta secukupnya. Misalnya biasakan menggunakan air saat mandi atau pun aktifitas yang menggunakan air secara wajar jangan menghambur-hamburkan nya.
  2. Matikan mesin  air.Kebanyakan orang jarang mengontrol bak mandi atau pun tempat air lainnya sat pengisian air, kini biasakan selalu mematikan mesin air bila bak mandi atau tempat penyimpanan air yang lainnya telah terisi penuh.
  1. Matikan peralatan listrik bila tidak digunakan. Mematikan peralatan listrik di rumah bila tidak kita gunakan, adalah salah satu cara menghemat energi.
  1. Gunakan peralatan rumah tangga yang hemat energi. Pilihlah peralatan rumah tangga saat anda membelinya yang hemat akan energi.
  1. Gunakan kendaraan secara bersama-sama. Saat anda kendaraan dalam melakukan kegiatan sehari-hari gunakan secara bersama-sama, misalnya saat anda akan pergi kerja berangkat lah lebih pagi serta antarkan anak-anak anda ke sekolah terlebih dahulu.
  1. Kurangi penggunaan kendaraan. Jika kegiatan sehari-hari anda memiliki jarak tempuh yang tidak terlalu jauh maka hindari menggunakan kendaraan bermotor, gunakan alat transpormasi yang lain misalnya bersepedah.

Demikianlah info Penghematan Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [bj]

Penghematan Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari | admin | 4.5
Leave a Reply