Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional

Pengertian Tindakan Ekonomi – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Pengertian Tindakan Ekonomi. Kamu telah mengetahui bahwa setiap manusia (bahkan sejak dalam kandungan) pasti memiliki kebutuhan hidup. Perhatikan contoh berikut ini. Ketika pertama kali masuk SMP dahulu, kamu dibelikan orang tuamu sepasang sepatu dan tas baru. Setelah beberapa bulan, kamu merasa bahwa tas sekolahmu sudah tidak bisa lagi digunakan untuk membawa buku-buku yang semakin banyak. Kamu kemudian meminta orang tuamu untuk membelikan tas baru yang lebih besar. Lain waktu, ada seorang teman yang memiliki baju model baru yang membuatmu tergiur untuk memilikinya juga. Meskipun sebenarnya jumlah baju di lemarimu sudah lebih dari cukup, kamu tetap membeli baju baru. Pada dasarnya kebutuhan manusia memiliki sifat yang tidak terbatas. Hal ini karena manusia cenderung tidak pernah merasa puas dan selalu merasa kekurangan. Manusia berusaha mengatasi masalah itu dengan melakukan tindakan ekonomi. Jadi Pengertian Tindakan Ekonomi adalah hal yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang memiliki sifat yang tidak terbatas.

Pengertian Tindakan Ekonomi

Pengertian Tindakan Ekonomi

 

Tindakan ekonomi dilakukan karena manusia ingin mencukupi semua kebutuhannya sehingga menjadi sejahtera atau makmur. Ukuran kesejahteraan secara ekonomi bisa disamakan dengan terpenuhinya kebutuhan materiil (fisik). Tindakan ekonomi yang dilakukan secara terusmenerus (setiap hari) oleh masyarakat ini akhirnya menjadi suatu aktivitas yang disebut kegiatan ekonomi.

Bagaimana suatu tindakan ekonomi dilakukan? Pertimbangan apa yang mendasari seseorang melakukan tindakan ekonomi? Inilah yang membedakan bentuk tindakan ekonomi. Berikut ini dua bentuk tindakan ekonomi.

Tindakan Ekonomi Rasional

Manusia adalah makhluk yang memiliki akal dan perasaan. Dengan akal, manusia dapat melakukan pemikiran tentang cara mengatasi permasalahan-permasalahannya. Dengan akal, manusia mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk bagi dirinya. Artinya, manusia yang berakal selalu bertindak berdasarkan rasio (pemikiran yang sehat). Tindakan ekonomi rasional adalah tindakan ekonomi yang didasarkan pada pertimbangan akal sehat. Manusia selalu mengharapkan keuntungan atau kebaikan bagi dirinya. Tidak ada orang yang mengharapkan kerugian, kemalangan, atau keburukan. Dalam dunia ekonomi, manusia rasional adalah manusia yang selalu berpikir tentang cara ia memperoleh keuntungan yang seoptimal mungkin atas tindakan ekonomi yang dia.

Tindakan Ekonomi Tidak Rasional

Manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. Apalagi jika ia tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginannya. Manusia yang cenderung mengikuti keinginan akan bertindak tidak rasional.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Tindakan Ekonomi dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *