Pengertian, Jenis Skala Peta Numerik

Posted on

Pengertian Skala dan Jenis Skala Peta – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Pengertian Skala dan Macam-macam Skala PetaPengertian Skala Peta adalah angka dengan perbandingan jarak peta dengan jarak yang sebenarnya. Skala Peta tidak hanya menunjukkan perbandingan jarak di peta dengan jarak yang ada di lapangan. Seperti untuk mengukur jarak di lapangan atau menghitung luas suatu areal, tetapi dengan menunjukkan ketelitian geometris dan detail dari unsur dan informasi yang disajikan. Semakin besar suatu skala peta, maka semakin teliti dan detair unsur informasi yang disajikan, begitu pun sebaliknya. 

Pengertian Skala Peta

Pengertian Skala Peta

 

Pernyataan skala pada sebuah peta dapat menggunakan berbagai cara, ada yang menggunakan skala angka (numerik), skala grafik maupun tulisan.

Skala Angka atau Skala Numerik

Skala ini merupakan bentuk skala yang paling umum digunakan pada peta. Skala ini dinyatakan dalam perbandingan angka. Sebagai contoh skala 1:100.000. Skala 1:100.000 berarti tiap panjang pada peta menggambarkan jarak yang sesungguhnya 100.000 kali satu satuan panjang di peta. Apabila satuan panjang menggunakan cm berarti tiap jarak 1 cm pada peta menggambarkan 100.000 cm di lapangan. Untuk menentukan skala peta dengan perbandingan dapat dipakai rumus sebagai berikut.Rumus skala peta

Skala Tulisan atau Skala Verbal

Skala ini dinyatakan dalam kalimat atau kata-kata. Dalam bahasa Inggris skala ini disebut juga skala inci dibanding mil (Inch Mile Scale). Sebagai contoh, skala dalam suatu peta dinyatakan dalam 1 inch to 5 miles. Ini berarti, jarak 1 inci di peta menggambarkan jarak sepanjang 5 mil di lapangan atau jarak sebenarnya.

Skala Garis atau Skala Grafik

Skala ini dinyatakan dalam bentuk garis yang terbagi dalam beberapa bagian yang mempunyai ukuran sama panjang. Pada garis tersebut dicantumkan ukuran sebenarnya.

Contoh:

Macam-macam Skala Peta

 

Dengan skala grafik tersebut berarti bahwa dua angka di peta = 1 km di lapangan. Jadi, antara 0–1, 1–2, 2–3, 3–4, masing-masing 1 cm maka artinya 1 cm pada peta = 500 meter di lapangan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Skala dan Jenis Skala Peta dari admin bacajuga.com yang bisa dibagikan untuk anda, semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam belajar Geografi. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *