Pengertian Respirasi Anaerob dan Soal Ujian Nasional

Pengertian Respirasi Anaerob dan Soal Ujian Nasional – Pada kesempatan ini admin Cabang Biologi akan berbagi informasi mengenai Pengertian Respirasi Anaerob dan Soal Ujian Nasional.
Respirasi anaerob adalah respirasi yang tidak menggunakan bantuan oksigen, namun menggunakan glukosa sebagai substratnya. Disebut sebagai proses fermentasi dan terjadi di sitoplasma. Proses Fermentasi ini dibedakan menjadi dua, yaitu Fermentasi Alkohol dan Fermentasi Asam Laktat.

1. Fermentasi Alkohol

Fermentasi ini berlangsung melalui proses glikolisis dan terjadi pada proses pembuatan tapai dan anggur. Berikut adalah reaksinya:

2.Fermentasi Asam Laktat

Fermentasi ini terjadi pada otot manusia saat melakukan kerja keras sementara persediaan oksigen yang ada kurang mencukupi. Berikut adalah reaksinya:
Respirasi anaerob ini menghasilkan energi yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan respirasi aerob. Jika respirasi aerob dapat menhasilkan 36 ATP, respirasi anaerob hanya menghasilkan 2 ATP per satu molekul glukosa. Mengapa? Karena respirasi aerob menghasilkan CO2 dan H2O sehingga disebut katabolisme sempurna. Sementara hasil dari fermentasi adalah senyawa yang masih reduktif, sehingga pembakaran yang dihasilkan tidak optimum seperti respirasi aerob.

Soal Ujian Nasional

1. Fermentasi alcohol adalah salah satu respirasi anaerob yang memiliki perbedaan dengan respirasi lain karena diakhiri dengan pembentukan… (Ujian Nasional 2013/2014)
A. Energi panas dari penguraian alcohol
B. Asam piruvat sebagai produk antara
C. ATP dalam jumlah lebih banyak
D. Asetaldehid hasil penguraian asam piruvat
E. Etanol dari asam piruvat secara tidak langsung
Pembahasan: Fermentasi alcohol merupakan pembentukan etanol dari asam piruvat melalui dua langkah reaksi. Langkah pertama adalah pembebasan CO2 dari asam piruvat kemudian diubah menjadi asetaldehid oleh NADH untuk membentuk etanol.
2. Pada proses peragian, glukosa mengalami glikolisis menjadi asam piruvat, lalu asam piruvat diubah jadi etanol. Jumlah ATP yang dihasilkan dari organisme yang berperan adalah.. (Rahardian, Rehan. MINIBOOK MASTER BIOLOGI)
A. 2 ATP, Rhyzopus
B. 2 ATP, Saccharomyces
C. 8 ATP, Rhyzopus
D. 8 ATP, Saccharomyces
E. 36 ATP, Saccharomyces
Pembahasan: Fermentasi etanol dilakukan oleh Saccharomyces menghasilkan 2 ATP. Reaksinya yaitu: C6H12O6 + 2ADP + 2Pi → 2C2H5OH + 2CO2 + 2ATP
3. Apabila otot kita bergerak melebihi batas ketentuan, sedangkan jumlah oksigen berkurang maka untuk mendapatkan energi dilakukan proses fermentasi. Proses ini merugikan karena.. (Ujian Nasional 2012/2013)
A. Dihasilkan asam laktat yang bersifat racun bagi sel
B. Dihasilkan asam piruvat yang tidak mengandung energi
C. Energi yang dihasilkan oleh mitokondria sangat sedikit
D. Tidak mengalami proses glikolisis yang menghasilkan asam piruvat
E. Dihasilkan NADH dan FAD yang diperlukan untuk siklus krebs
Pembahasan: asam laktat merupakan senyawa yang dihasilkan tubuh saat tubuh terlalu bekerja keras sementara oksigen yang tersedia sedikit jumlahnya. Asam laktat dihasilkan melalui respirasi anaerob. Apabila respirasi anaerob berlangsung dalam waktu lama, asam laktat yang dihasilkan semakin banyak. Penimbunan asam laktat dalam sel otot menyebabkan gejala kram dari kelelahan.
4. Pada fermentasi asam laktat dari 1 molekul glukosa akan dibebaskan dua molekul ATP. Dua molekul ATP yang dibebaskan tersebut berasal dari… (Ujian Nasional 2011/2012)
A. Glikolisis di sitoplasma
B. Reaksi pembentukan asam laktat dari asam piruvat
C. Proses reduksi asam piruvat
D. Rangkaian proses reduksi-oksidasi oleh enzim sitokrom
E. Proses oksidasi NADH
Pembahasan: Satu molekul asam glukosa akan melewati tahap glikolisis dan dihasilkan 2 ATP, 2 NADH, dan 2 asam piruvat. Dengan penambahan ion H+ dari NADH, fosfoenol piruvat membentuk asam laktat. Jadi, 2 molekul ATP yang dibebaskan dalam fermentasi asam laktat diperoleh dari tahap glikolisis di sitoplasma. [cb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *