Pengertian Psikologi Belajar

Pengertian Psikologi Belajar – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi informasi mengenai Pengertian Psikologi Belajar. Khusus bagi anda yang ingin menambah wawasan dalam masalah Psikologi Belajar.

Pengertian Psikologi Belajar

Pengertian Psikologi Belajar

Psikologi belajar adalah sebuah frase yang terdiri dari dua kata yaitu psikologi dan belajar. Psikologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu psyce yang berarti jiwa dan Logos yang berarti ilmu. Jadi, secara harfiah psikologi berarti ilmu tentang jiwa atau ilmu jiwa.

Dalam perkembangan selanjutnya, karena kontak dengan berbagai disiplin ilmu, maka lahirlah bermacam-macam definisi psikologi yang berbeda satu sama lain, antara lain sebagai berikut:

  1. Psikologi adalah Ilmu mengenai pikiran (the science of mind)
  2. Psikologi adalah Ilmu mengenai kehidupan Mental (the science of mental life).
  3. Psikologi adalah ilmu mengenai tingkah laku (the science of behavior)

Menurut Crow and Crow, Psichology is the study of human behavior dan human relationship. Dari batasan tersebut diatas jelas bahwa yang dipelajari oleh [sikologi adalah tingkah laku manusia yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik yang berupa manusia lain (human relationship) maupun yang bukan manusia seperti hewan, iklim, kebudayaan dan sebagainya. Jelaslah bahwa psikologi tidak hanya berhubungan dengan tingkah laku manusia saja. Ahli-ahli psikologi menyelidiki tingkah laku hewan seperti simpanse, tikus, anjing, serangga dan sebagainya dalam hubungan dengan tingkah laku manusia yang ingin dipahami dari aspek kehidupan mental dan semua prilakunya.

Pengertian “tingkah laku” dalam batasan ini mempunyai arti yang luas, meliputi tingkah laku yang nyata (aksplisit; terbuka) seperti berbicara, tertawa, membaca, melompat dan sebagainya. dan kemudian tingkah laku yang tidak nyata (implisit; tertutup) seperti berpikir, merasakan, mengingat, menghendaki dan sebagainya. Tingkah laku yang tidak nyata itu merupakan proses yang tidak dapat diamati. Kecuali setelah berubah atau termanifestasikan dalam bentuk gejala, barulah proses itu dapat diamati. Karena Gejala-gejalanya dalam bentuk berpikir, merasakan, mengingat, berkehendak dan sebagainya, maka tingkah laku yang tidak nyata itu berubah menjadi nyata atau tingkah laku terbuka.

Jadi, pada hakikatnya, bidang kajian psikologi banyak menyentuh bidang kehidupan diri organisme, baik manusia maupun hewan. Penyelidikan dilakukan mengenai bagaimana dan mengapa organisme-organisme itu melakukan apa yang mereka lakukan. Namun lebih khusus psikologi lebih banyak dikaitkan sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha memahami perilaku manusia, alasan dan cara mereka melakukan sesuatu dan juga memahami bagaimana manusia berpikir dan berperasaan.

Sedangkan belajar itu sendiri secara sederhana dapat diberi definisi sebagai aktivitas yang dilakukan individu secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari apa yang telah dipelajari dan sebagai hasil dari interaksinya dengan lingkungan sekitarnya. Aktivitas disini dipahami sebagai serangkaian kegiatan jiwa raga, psikofisik, menuju ke perkembangan pribadi individu seutuhnya, yang menyangkut unsur cipta (kognitif), rasa (afektif) dan karsa (psikomotor).

Perkembangan dalam arti belajar disini dipahami sebagai “perubahan” yang relatif permanen pada aspek psikologis. Individu yang berubah karena gila, mabuk atau cedera fisik, bukanlah termasuk kategori belajar, walaupun mempengaruhi jiwanya untuk sementara.

Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi belajar adalah sebuah disiplin psikologi yang berisi teori-teori psikologi mengenai belajar, terutama mengupas bagaimana cara individu belajar atau melakukan pembelajaran.

Demikianlah informasi singkat dari admin bacajuga.com tentang Pengertian Psikologi Belajar yang bisa dibagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam masalah Psikologi Belajar. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *