Pengertian, Fungsi, Pers Menurut Ahli

Pengertian Pers Menurut para Ahli – Pengertian Pers menurut R.Eep Saefulloh Fatah bahwa pers adalah pilar keempat bagi demokrasi yang memiliki peranan yang penting dalam membangun kepercayaan (trust), kredibilitas, dan bahkan legitimasi pemerintah.

Pengertian pers oleh Frederich S. Siebert dalam bukunya (1956, Four Theories of the Press): Pers adalah semua media komunikasi massa yang memenuhi persyaratan publisistik maupun tidak dan media komunikasi massa yan memenuhi persyaratan publisistik tertentu.

Pengertian Pers Menurut para Ahli

Pengertian Pers Menurut para Ahli

Pengertian pers Menurut Ensiklopedi Pers Indonesia menyebutkan bahwa istilah pers merupakan sebutan bagi penerbit/ perusahaan/ kalangan yang berkaitan dengan media masa atau wartawan.

Pengertian pers oleh Oemar Seno Adji: Pengertian pers terbagi atas dua yaitu pers dalam arti sempit dan pers dalam arti luas. Dalam arti sempit pers berarti penyiaran gagasan, pikiran atau berita berita dengan cara tertulis. Dalam arti luas berarti memancarkan pikiran ataupun gagasan serta perasaan seseorang baik menggunakan kata kata tertulis maupun lisan menggunakan semua alat media komunikasi yang ada.

Seperti yang ada ketahui dari sejarah pers dan jurnalistik, batasan arti pers bertambah luas seiring berkembangnya teknologi, khusus nya teknologi komunikasi. Hal tersebut dapat terlihat misalnya dari pengertian pers berdasarkan perbedaan yang pada  undang undang pada tahun 1966 dan tahun 1999.

Fungsi dan Peranan Pers

Fungsi dan peranan pers menurut Harold D. Lasswell & Charles R. Wright  (Keduanya ahli dalam komunikasi media massa) :

a. Fungsi media sebagai alat pengamat sosial (Social Surveillance)

Media massa adalah badan atau lembaga yang seharusnya memberikan dan menyebarkan informasi dan interpretasi (pemahaman) yang objektif terhadap peristiwa peristiwa yang ada disekitar mereka (Social surveillance).

b. Fungsi media sebagai alat korelasi sosial (social correlation)

Media massa seharusnya menyatukan kelompok kelompok sosial yang ada dengan jalan menyalurkan informasi tentang pandangan pandangan yang ada sehingga tercapai suatu konsensus.

c. Fungsi media sebagai alat Sosialisasi (Sosialization)

Media massa seharusnya sebagai alat sosialisasi tentang nilai nilai sosial yang ada dan mewariskannya baik dari satu generasi ke generasi berikutnya, dan dari satu kelompok ke kelompok lainnya.

Fungsi pers  dan peranan pers selain ketiga diatas seperti dijelaskan pada beberapa sumber, diantaranya:

a. Media Informasi

b. Media Pendidikan

c. Media Hiburan

d. Media Kontrol Sosial

e. Sebagai Lembaga Ekonomi [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *