Pengertian Motivasi Belajar Menurut Ahli

Posted on

Pengertian Motivasi Belajar Menurut Ahli – Pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi informasi mengenai Pengertian Motivasi Belajar menurut Para Ahli. Khusus bagi anda yang ingin menambah wawasan dalam masalah Motivasi Belajar.

Pengertian Motivasi Belajar menurut Para Ahli

Pengertian motivasi adalah sesuatu yang bersifat dinamis dan merupakan suatu proses yang dapat menampilkan perilaku untuk mencapai tujuan dalam memuaskan kebutuhan-kebutuhan dirinya,  sehingga dapat mendapatkan tujuan yang dikehendaki dan dapat selaras dengan waktu yang ada.Pengertian Motivasi Belajar Menurut Ahli

Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik, berupa hasrat dan keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan belajar, harapan akan cita-cita. Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, dan kegiatan belajar yang menarik (Uno, 2006).

Hakikat motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada pelajar yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Hal itu mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar. Indikator motivasi belajar dapat diklasifikasikan sebagai berikut :  adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya lingkungan belajar yang kondusif (Uno, 2006).

Menurut (Azwar, 1995)  Perubahan motivasi  yang diperoleh berdasarkan pendekatan komunikasi juga dapat dilihat melalui perubahan sikap yang ditimbulkan.  Perubahan sikap yang ditimbulkan akibat proses komunikasi yang tergantung akan beberapa hal seperti kredibilitas, daya tarik dan kekuatan komunikator serta isi dari pesan atau informasi itu sendiri efektif dilihat dalam selang waktu 10-14 hari.

Motivasi berasal dari kata “motiv” yang berarti daya penggerak yang akan menjadi aktif jika disertai dengan kebutuhan yang akan dipenuhi. Jadi, motivasi adalah serangkaian suatu usaha untuk menyediakan kondisi – kondisi tertentu sehingga individu mau melakukan tindakan dalam mencapai tujuan (Setiawati, et al, 2008).

a)  Motivasi instrinsik 

Motivasi intrinsik adalah motif-motif yang menjadi aktif atau fungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, karena dalam setiap diri individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu.

b)  Motivasi ekstrinsik 

Motivasi ekstrinsik adalah kebalikan dari motivasi intrinsik. Motivasi ekstrinsik adalah mot if-motif yang aktif dan berfungsi karena adanya perangsang atau pengaruh dari luar.

Baca : Pengertian Minat Belajar Menurut Ahli

Menurut Ibrahim et al, 2003, motivasi adalah motif atau dorongan atau kebutuhan yang merupakan suatu tenaga yang berada pada diri individu atau siswa yang mendoronanya untuk berbuat mencapai suatu tujuan.

Motivasi belajar adalah  usaha-usaha seseorang (siswa) untuk menyediakan segala daya (kondisi-kondisi) untuk belajar sehingga ia mau atau ingin melakukan proses pembelajaran. Tanpa adanya motivasi tidak akan mungkin terjadi belajar. Jadi, perhatiannya akan lebih intensif dengan adanya motivasi dalam diri seseorang untuk mempelajari materi pelajaran tersebut sehingga seorang siswa menaruh minat terhadap materi pelajaran (Achmad , 2007).

Motivasi adalah sumber untuk mempertahankan minat terhadap kegiatan dan menjadikan kegiatan sangat menyenangkan (excitement) (Ginting, 2005).

Demikianlah info Pengertian Motivasi Belajar Menurut Ahli dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [bt]

Kata Kunci :

content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *