Pengertian Motif Ekonomi Produsen, Laba

Motif Ekonomi Produsen – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Pengertian Motif Ekonomi Produsen. Produsen adalah orang atau badan yang melakukan kegiatan menciptakan atau menambah nilai guna barang. Pengertian Motif Ekonomi Produsen adalah tujuan yang ingin dicapai oleh produsen dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Pengertian Motif Ekonomi Produsen

Pengertian Motif Ekonomi Produsen

 

Beberapa motif tindakan ekonomi produsen sebagai berikut.

Motif Mencari Laba

Pada bagian sebelumnya kamu telah membaca cerita Pak Amat. Menurutmu, apa yang mendorong dia dalam melakukan tindakan ekonomi? Pak Amat menjual bakso dengan harga jual per mangkuk yang lebih tinggi dari biaya pembuatan per mangkuknya. Dengan adanya selisih harga ini, Pak Amat mendapatkan laba. Semakin tinggi selisih harga akan semakin tinggi laba yang berhasil diperoleh. Jika Pak Amat menginginkan laba yang lebih tinggi, Pak Amat bisa saja menaikkan harga jual per mangkuknya. Namun, sebagai manusia yang rasional, Pak Amat menyadari jika harga baksonya terlalu mahal, para konsumen pun menjadi enggan membeli. Oleh karena itu, Pak Amat telah memperhitungkan harga jual yang cukup rasional. Selain mendorong orang untuk melakukan tindakan ekonomi, motif mencari laba juga mendorong orang untuk melakukan inovasi atau penemuan. Inovasi dapat berupa produk maupun teknik produksi yang baru. Misalnya, pada tahun 1975 Bill Gates menemukan program komputer bernama Microsoft, yang membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Pada umumnya perusahaan dapat berjaya apabila mereka berhasil melakukan inovasi. Dengan melakukan inovasi, mereka bisa memenangkan persaingan usaha dan mendapatkan laba sebanyak-banyaknya.

Motif Mencari Kekuasaan Ekonomi

Motif mencari kekuasaan ditujukan untuk memperoleh kekuasaan ekonomi dalam masyarakat. Misalnya, pengusahapengusaha yang relatif sudah makmur masih terus bekerja keras mengembangkan perusahaan dengan harapan mereka dapat menguasai perdagangan yang lebih luas. Mungkin juga mereka ingin mendirikan anak perusahaan dengan bidang usaha yang bermacam-macam.

Motif Sosial

Manusia adalah makhluk ekonomi sekaligus makhluk sosial. Selain memperhatikan kepentingan diri, manusia juga harus memperdulikan sesamanya. Motif sosial muncul karena keinginan untuk menolong sesama manusia, terutama bagi mereka yang membutuhkan. Tindakan ekonomi yang didorong oleh motif sosial misalnya seorang pengusaha memberi bantuan kepada orang yang terkena musibah, menyantuni fakir miskin, dan membangun tempat ibadah.

Motif Memperoleh Penghargaan

Seorang manajer atau pengusaha tetap melakukan kegiatan ekonomi dengan kerja keras walaupun keuntungan dan kemakmuran sudah diraihnya. Hal ini dilakukan agar ia tampil sebagai manajer yang andal dan disegani. Prestasi ini tidak jarang membuahkan penghargaan dari pemerintah maupun kalangan pengusaha. Misalnya, manajer tersebut digolongkan ke dalam Top Managerversi sebuah majalah ekonomi dan perusahaan yang dipimpinnya menerima penghargaan dari pemerintah. Memperoleh penghargaan merupakan salah satu cara pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Motif Ekonomi Produsen dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [pb]