Pengertian Motif Ekonomi Distributor

Pengertian Motif Ekonomi Distributor – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Pengertian Motif Ekonomi Distributor, Motif ekonomi adalah dorongan untuk melakukan  tindakan ekonomi dalam rangka mencapai kemakmuran. Dengan motif ekonomi orang melakukan kegiatan ekonomi , misalnya memproduksi suatu barang atau menjalnkan sebuah perusahaan.

Pengertian Motif Ekonomi Distributor
Pengertian Motif Ekonomi Distributor

Distribusi adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran barang dan jasa. Orang atau lembaga yang melakukan distribusi disebut distributor. Para distributor mau bersusah payah menyampaikan barang-barang dan jasa dari pihak produsen ke pihak konsumen. Apa yang menggerakkannya? Apabila mereka tidak mendapat balas jasa, mungkinkah mereka mau melakukannya?

Pengertian Motif Ekonomi Distributor adalah tujuan yang ingin dicapai oleh pelaku distributor dalam setiap tindakan ekonomi yang mereka lakukan.

Tidak berbeda dengan produsen, motif distributor dalam melakukan tindakan ekonomi cara untuk memperoleh laba yang sebesar-besarnya. Kamu tentu ingat penghitungan laba tersebut diperoleh. Ya, para distributor seperti pedagang mengambil laba dari selisih antara harga jual dengan harga pokoknya.

Namun, tahukah kamu bahwa ada lembaga distribusi yang tidak semata-mata bertujuan mencari laba? Lembaga ini kamu kenal sebagai koperasi. Koperasi merupakan badan usaha bersama yang mengutamakan kepentingan para anggotanya. Keuntungan yang diperoleh akan dikembalikan kepada anggota dalam bentuk SHU. Misalnya koperasi unit desa (KUD) dan koperasi di sekolahmu. Koperasi unit desa aktif mendistribusikan barang-barang pertanian dengan harga yang relatif lebih murah. Di sini jelas bahwa kegiatan koperasi bukan untuk memperoleh laba yang sebesar-besarnya.

Motif  Ekonomi distributor

Motif distributor alam melakukan tindakan ekonomi adalh untuk memperoleh laba yg sebesar besarnya . motif lain yaitu :

  • mempercepat proses distribusi alas an distributor melakukan kegiatn distribusi adalah menyalurkan barang dan jasa scr cepat ke  konsumen.
  • Agar barang dan jasa merata Alasan lainnya adalh agar barang dan jasa yg diproduksi dapat dikonsumsi scr merata baik di daerah sekitar produsen maupun daerah yg jauh daru produsen.
  • Untuk menjaga kesinambunganproses produksi Adanya kegiatan ini menunjukan adanya minat terhadap produk yg dihasilakn , sehingga produsen akan terus memproduksinya.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Motif Ekonomi Distributor dari admin bacajuga.com yang bisa dibagikan untuk anda, semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam belajar Ekonomi. [pb]