Pengertian Minat Belajar Menurut Ahli

Pengertian Minat Belajar Menurut Ahli – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi informasi mengenai Pengertian Minat Belajar Menurut para Ahli. Khusus bagi anda yang ingin menambah wawasan dalam masalah Minat Belajar. Pengertian Minat belajar Menurut para Ahli adalah suatu penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu diluar diri. Seseorang memiliki minat terhadap subjek tertentu cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap subjek tertentu (Djamarah, 2008). 

Pengertian Minat Belajar Menurut Ahli

Pengertian Minat Belajar Menurut Ahli

 

Pengertian Minat belajar adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu yang ingin dicapai, (Syah, 2006). 

Ada beberapa cara untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa, cara tersebut antara lain (Sardiman, 2007) : 

  • Membangkitkan adanya suatu kebutuhan 
  • Menghubungkan dengan persoalan pengalaman yang lampau 
  • Memberi kesempatan untuk mendapatkan hasil yang baik 
  • Menggunakan berbagai macam bentuk mengajar. 

Seorang mahasiswa harus memiliki minat belajar yang besar agar dapat menghasilkan prestasi yang tinggi, sebaliknya minat belajar yang rendah akan menghasilkan prestasi belajar yang rendah. 

Tujuan Belajar

Tujuan dari proses belajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan kesehatan yakni meningkatkan kemampian masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan derajat kesehatan baik fisik, mental, dan sosialnya sehingga produktif secara ekonomi maupun secara sosial (Mubarak, et al, 2007). 

Ciri-ciri Belajar

Belajar menunjukkan perubahan dalam tingkah laku di obyek dalam situasi tertentu, sehingga ciri-ciri (karakteristik) yaitu (Mubarak, at al, 2007) : 

  • Belajar berbeda dengan kematangan, pertumbuhan adalah saingan utama sebagai pengubah tingkah laku. Bila serangkaian tingkah laku matang melalui secara wajar tanpa adanya pengaruh dari latihan, maka dapat diartikan bahwa perkembangan itu adalah berkat kematangan (maturation) dan bukan karena belajar.  
  • Belajar dibedakan dari perubahan fisik dan mental, perubahan tingkah laku juga dapat terjadi yang disebabkan oleh terjadinya perubahan tingkah laku juga dapat terjadi yang disebabkan oleh terjadinya perubahanpada fisik dan mental dan karena melakukan sesuatu perbuatan berulang kali yang menngakibatkan badan  menjadi lelah/letih. Akan tetapi perubahan tingkah laku tersebut tidak dapat digolongkan sebagi belajar. Jadi, perubahan tingkah laku yang disebabkan oleh perubahan fisik dan mental bukan atau berbeda dengan belajar dalam arti sebenarnya. 
  • Ciri belajar yang hasilnya relatif menetap, hasil belajar dalam bentuk perubahan tigkah laku, tingkah laku berupa perilaku (performance) yang nyata dan dapat diamat i (observation). 

Demikianlah Pengertian Minat Belajar Menurut para Ahli yang bisa admin PengertianBelajar.net bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam masalah Minat Belajar. [pb]