Pengertian Makalah, Ciri Ciri, Jenis Jenis, Sistematika

Pengertian Makalah, Ciri Ciri, Jenis Jenis, Sistematika – Pengertian Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang membahas tema tertentu yang mencakup dalam ruang lingkup permasalahan. Atau makalah dapat didefenisikan sebagai karya tulis yang membahas suatu permasalahan sebagai hasil dari kajian pustaka atau di lapangan. Makalah umumnya slalu membahas mengenai permasalahan dengan analisis yang sangat objektif, dan biasanya makalah slalu dibuat oleh para pelajar atau mahasiswa.

Ciri Ciri Makalah

Adapun ciri-ciri dari makalah yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Merupakan hasil laporan pelaksanaan kegiatan di lapangan tentang suatu permasalahan yang terjadi.
  • Mendemostrasikan pemahaman teori maupun kemampuan untuk menerapkan prosedur-prosedur yang ada kaitannya dengan permasalahan.
  • Untuk menunjukkan kemampuan tentang pemahaman teori maupun sumber-sumber yang digunakan untuk menyusun makalah.
  • Dan untuk mendemontrasikan kemampuan dalam menyusun berbagai macam sumber informasi untuk menyelesaikan permasalahan.

Pengertian MakalahJenis Jenis makalah

Bedasarkan sifatnya makalah dibagi menjadi 3 (tiga) jenis yang diantaranya yaitu:

a. Makalah induktif

Merupakan makalah yang disusun atau ditulis berdasarkan data-data empiris yang sifatnya objektif, berdasarkan apa yang sudah didapatkan di lapangan dan tetap relevan dengan permasalahan yang dibahas.

b. Makalah deduktif

Merupakan makalah yang didasarkan pada kajian-kajian yang teoritis dan juga relevan dengan permasalahan yang dibahasnya.

Baca : Pengertian Cerpen

c. Makalah campuran

Merupakan makalah gabungan antara makalah induktif dan deduktif. Jadi makalah ini ditulis berdasarkan kajian-kajian teoritis dan data-data empiris. Adapun beberapa jenis makalah campuran diantaranya seperti:

1. Makalah ilmiah

Merupakan makalah yang membahas permasalahan hasil dari studi ilmiah dan biasanya isi makalah ini berdasarkan pendapat penulis yang bersifat subjektif.

2. Makalah kerja

Merupakan makalah yang bisanya ditulis berdasarkan dari suatu penelitian dan dapat memungkinkan penulis makalah akan berargumentasi dari masalah yang dibahas yang didapatkannya dari proses penelitian, sehingga pendapat atau opininya slalu bersifat subjektif.

3. Makalah kajian

Merupakan makalah yang ditulis sebagai sarana untuk memecahkan suatu permasalahan yang sifatnya kontroversial (yang dapat menimbulkan perdebatan).

4. Makalah tanggapan

Merupakan makalah yang biasanya ditulis sebagai reaksi terhadap suatu bacaan dan biasanya makalah ini sering ditulis oleh mahasiswa untuk memenuhi tugas kuliahnya.

5. Makalah posisi

Makalah yang ditulis atas permintaan dari suatu pihak, yang biasanya berfungsi sebagai alternatif pemecahan permasalahan yang kontroversial dan juga prosedur-prosedur penulisan dari makalah ini dilakukan secara ilmiah.

6. Makalah analisis

Merupakan makalah yang disusun secara objektif dan juga empiris.

Tahapan-tahapan Menyusun atau Menulis Makalah

a. Persiapan

Mengumpulkan dan membaca buku atau artikel untuk memilih dan menentukan tema. Membaca materi-materi untuk memperluas ilmu pengetahuan yang ada hubungannya dengan tema yang sudah dipilih dan kerangka makalah akan dikembangkan.

b. Penulisan

Mengembangkan kerangka makalah yang sudah dibuat menjadi sebuah makalah.

c. Revisi atau pemeriksaan

Melakukan pemeriksaan terhadap isi makalah dan penggunaan kata, kalimat, tanda baca dan lain-lain.

Sistemtika Penulisan Makalah

a. COVER (Sampul)

Pada bagian ini biasanya terdiri dari judul, logo (logo perusahaan, sekolah atau kampus) data penulis, jurusan, fakultas, kota perusahaan atau kampus dan tahun dibutnya makalah tersebut.

b. KATA PENGANTAR

Pada bagian ini biasanya diawali dengan kalimat puji-pujian kepada Tuhan atau Allah SWT. Kata pengantar dapat berupa gambaran sedikit mengenai makalah, ungkapan rasa terimakasih kepada berbagai pihak dan biasanya diakhiri harapan penuis mengenai makalah yang ditulisnya.

c. DAFTAR ISI

Pada bagian ini merupakan daftar halaman judul-judul atau bab-bab pada makalah.

Baca : Pengertian Sudut Pandang

d. BAB I PENDAHULUAN

Pada bagian ini umumnya berisi tentang pendahluan tentang gambaran secara umum makalah yang ditulis, mengenai permasalahan yang dibahas, serta latar yang membelakangi mengapa mengambil atau menentukan tema tersebut. Umumnya pada BAB I PENDAHULUAN ini memiliki struktur sebagai berikut:

  • Latar belakang, yaitu merupakan latar yang membelakangi kenapa mengambil tema tersebut yang dimulai dari pembahasan umum hingga ke pembahasan khusus.
  • Rumusan masalah, yaitu rumusan-rumusan mengenai masalah apa yang dibahas pada makalah yang disusun.
  • Maksud dan Tujuan, yaitu maksud maupun tujuan mengapa makalah tersebut disusun.

e. BAB II PEMBAHASAN

Lalu pada bagian ini penulis harus membahas permasalahan secara tuntas seperti yang ditulis pada BAB I PENDAHULUAN. Dapat dibilang pada bagian ini merupakan isi yang sebenarnya dari makalah. Dalam pembahasannya harus memperkuat dengan fakta-fakta sehingga tulisan pada makalah dapat dipercaya kebenarannya. Dilengkapi juga dengan teori maupun kajian dari refrensi para penulis buku, junal dll. yang nantinya dapat mendukung gagasan yang disampaikan dalam isi makalah.

f. BAB III PENUTUP

Sedangkan pada bagian ini biasanya penulis akan membuat kesimpulan dari isi atau pembahasan yang sudah dilakukan pada bagian BAB II PEMBAHASAN dan biasanya juga dilengkapi dengan saran.

g. DAFTAR PUSTAKA

Bagian ini berisi daftar sumber bacaan atau refrensi yang diambil oleh penulis untuk menyusun makalahnya. Biasanya refrensi tersebut diambil dari buku, jurnal, internet dan lain-lain. Tentunya cara penulisan dafar pustaka tidak sembarangan tapi ada aturannya.

h. LAMPIRAN

Dan bagian terakhir yaitu lampiran, merupakan lampiran data-data pendukung dalam menyusun makalah. Dapat berupa hasil bimbingan, foto kegiatan di lapangan dan lain-lain. Bagian ini tidak selalu diwajibkan untuk.

Baca : Pengertian Proposal

Manfaat Menyusun atau Menulis Makalah

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam menyusun suatu makalah, yang diantaranya seperti:

  • Kita dapat belajar untuk memahami masalah yang ada dan mencari solusinya.
  • Dapat membuka pikiran untuk memahami permasalahan yang akan dicarikan solusinya.
  • Dapat menerapkan wawasan atau ilmu pngetahuan yang sudah dipelajari untuk menyelesaikan permasalahan dilapangan.

Demikianlah info Pengertian Makalah, Ciri Ciri, Jenis Jenis, Sistematika dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *