Pengertian Lentisel, Fungsi, Jenis Jenis

Pengertian Lentisel – Pada kesempatan ini kami akan berbagi materi biologi seputar pengertian lentisel. Sebagaimana diketahui bersama bahwa sebagai makhluk hidup, dalam hal ini tumbuhan, tentunya memiliki ciri-ciri yaitu bernafas dan melakukan fotosintesis (khusus tumbuhan hijau). Dalam proses pernapasan tumbuhan, terdapat beberapa bagian atau organ tumbuhan yang berperan, yaitu diantaranya daun, akar, dan batang. Di daun tumbuhan ada lubang kecil yang berukuran mikro yang digunakan sebagai celah pernapasan tumbuhan, dan juga di bagian batang daun juga terdapat celah atau ubang yang berukuran mikro yakni lentisel.Pengertian Lentisel

Pengertian Lentisel

Pengertian Umum Lentisel adalah celah pada batang yang berfungsi untuk pertukaran gas seperti fungsi stoma pada daun.

Dalam Biologi, pengertian Lentisel (lenticels) adalah Bentuk pori-pori yang menonjol, biasanya berbentuk lonjong, yang terbentuk pada cabang-cabang berkayu, terjadi jika lapisan epidermis digantikan oleh lapisan gabus dimana memungkinkan pertukaran gas antara bagian dalam cabang dan luar (atmosfer).

Baca : Tipe Tipe Stomata

Batang tumbuhan yang biasanya terdapat lentisel di dalamnya yaitu batang yang bercirikan memiliki struktur bergabus dan terlihat berwarna kehijauan. Namun kini juga telah diketahui bahwa lentisel sebenarnya juga terdapat pada akar, seperti penjelasan yang terdapat dalam jurnal Onrizal (2005), di jelasakan bahwa akar merupakan organ yang kontak secara langsung dengan lingkungan salin, oleh karena itu akar merupakan suatu struktur dan berfungsi mengatur pengambilan dan transfor ion. Akar merupakan barrier utama terhadap pergerakan larutan ke dalam tumbuhan dan sebagai hasilnya konsentrasi ion yang diantarkan ke tunas sangat berbeda dari konsentrasi ion pada medium eksternal.

Fungsi Lentisel

  1. Membantu proses pertuakaran gas antara udara yang bebas di atmosfer dengan jaringan hidup pada batang serta akar.
  2. Membantu proses pernapasan pada batang.
  3. Membantu proses perkembangan pada batang.

Pernapasan pada tumbuhan terjadi juga pada batang. Di batang, oksigen (O2) masuk ke batang melalui lentisel, kemudian beredar secara difusi melalui ruang antar sel dan berdifusi ke sel-sel lainnya. Sisa pernapasan, yaitu karbondioksida (CO2) dikeluarkan melalui lentisel. Keluar masuknya udara pernapasan ini terjadi secara difusi.

Jenis Jenis Lentisel

Lentisel umum ditemukan pada periderm akar dan batang. Ukurannya berkisar antara yang kecil yang hampir tak kasat mata sampai yang sepanjang satu senti meter. Lentisel tersusun dalam deretan  atau ditemukan sendiri-sendiri secara terpisah. Felogen sinambung dengan felogen periderm di sampingnya, namun agak melengkung ke dalam sehingga tampak bertempat lebih dalam. Jaringan renggang yang terbentuk oleh felogen lentisel ke arah luar adalah jaringan pengisi atau pelengkap. Jaringan yang terbentuk ke arah dalam adalah feloderm (hidayat, 1995).

Baca : Fungsi Xilem dan Floem

Pada dikotil dibedakan tiga jenis lentisel.

  1. Yang pertama yang paling sederhana dan memiliki jaringan pengisi terdiri dari sel bersuberin. Jaringan ini cukup kompak dan memperlihatkan lapisan tumbuh. Jaringan pengisi yang berdinding tipis itu terbentuk di waktu dini, sedangkan jaringan pengisi  berdinding tebal dan lebah kompak berkembang kemudian. Contoh, Persea, Magnolia, Salix.
  2. Lentisel  jenis kedua terdiri dari sekumpulan sel yang tersusun renggang tak bersuberin  yang diakhir musim tumbuh yang diikuti dengan pembentukn lapisan sel bersuberin yang lebih kompak. Contuoh, Quercus,Sambucus,dan Tilia.
  3. Jenis ketiga menunjukan spesialisasi tertinggi. Jaringan pengisi berlapis-lapis, karena jaringan renggang tak bersuberin tersusun bergantian secara teratur dengan jaringan kompak bersuberin. Jaringan kompak membentuk lapisan penutup, masing-masing setebal beberapa sel, jaringan ini menahan jaringan renggang yang juga beberapa sel tebalnya.

Baca : Petunjuk Evolusi

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Lentisel yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, dan semoga penjelasan di atas dapat memberikan manfaat serta semoga mudah untuk dipahami. Namun tetap saran dari sahabat sangat kami harapkan jika ada kekeliruan dalam penjelasan di atas. [bj]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *