Pengertian Globe dan Kegunaan Globe

Pengertian Globe dan Kegunaan Globe – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Pengertian Globe dan Kegunaan Globe. Bentuk Bumi seperti bola yang sangat besar pada kulit luarnya terdapat pulau yang kita huni. Bayangkan jika kamu berada jauh di atas Bumi dan dapat melihat Bumi bagaikan bola kecil yang terdiri atas samudra serta daratan. Bayangkan pula kamu dapat memutar-mutar bola tersebut dan menemukan daerah yang ingin kamu lihat. Tentu akan sangat mudah mencari letak suatu tempat yang sama sekali belum kamu kunjungi. Itulah salah satu kegunaan globe. Anaximandersebagai manusia yang menciptakan globe pertama kali tentunya telah menyadari betapa globe sangat dibutuhkan manusia.

Kata “globe” berasal dari kata “globus” (bahasa Latin) yang berarti bola yang bulat. Globe merupakan miniatur bola dunia dengan ukuran kecil dalam bentuk tiga dimensi dengan posisi yang sama dengan bumi terhadap matahari. Globe juga bisa disebut sebagai model miniatur bumi yang memberikan gambaran bentuk bumi sehingga mendekati bentuk sebenarnya.

Pada sebuah globe terdapat garis-garis koordinat yang berfungsi sebagai penunjuk lokasi, garis-garis ini juga terdapat pada peta. Garis-garis tersebut dikenal dengan berbagai istilah. Nah, perhatikan bagan berikut!

Garis-garis koordinat dalam globe
Garis-garis koordinat dalam globe

Karakteristik garis bujur:

  • Menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan.
  • Membagi Bumi menjadi dua bagian yang sama pada garis 0° dan 180°, menjadi Bujur Barat dan Bujur Timur.
  • Garis 180° Bujur Timur dan 180° Bujur Barat berimpit di Samudra Pasifik.
  • Garis bujur 0° dengan beberapa pembelokan disebut garis tanggal internasional yang digunakan sebagai awal pedoman pembagian waktu di dunia.

Karakteristik garis lintang:

  • Melingkari Bumi, dan membagi Bumi menjadi dua bagian yang sama pada garis ekuator atau lintang 0°.
  • Membagi Bumi menjadi lintang utara dan lintang selatan.
  • Garis lintang paling panjang adalah garis ekuator atau khatulistiwa, yaitu ± 40.000 km^2.

Dari bentuk globe dan apa yang ada di dalam globe, mari kita temukan kegunaan globe.

a. Garis Lintang dan Garis Bujur Globe

  • Dari garis lintang dan garis bujur dapat kamu tentukan letak suatu daerah berdasarkan koordinat garis lintang dan garis bujur. Contoh: Indonesia berada pada 6° LU–11° LS dan 95° BT–141° BT.
  • Garis bujur membantu membandingkan perbedaan daerah waktu di Bumi. Garis bujur berguna untuk menentukan waktu di permukaan Bumi. Setiap 15° garis bujur mempunyai selisih waktu 1 jam atau 60 menit. Untuk menentukan waktu berpedoman pada waktu Greenwich, GMT atau Greenwich Mean Time.

b. Globe sebagai Miniatur Bumi

Globe merupakan miniatur Bumi sehingga dengan globe dapat ditunjukkan bentuk Bumi yang sebenarnya. Globe memiliki banyak manfaat. Globe dapat digunakan sebagai alat untuk memperagakan kejadian-kejadian di Bumi, seperti rotasi Bumi, revolusi Bumi, gerhana bulan, dan gerhana Matahari.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Globe dan Kegunaan Globe dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *