Pengertian dan Hakikat Globalisasi

Hakikat Globalisasi – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, globalisasi merupakan proses masuk ke ruang lingkup dunia. Globalisasi berasal dari kata globe/global yaitu dunia atau bola dunia. Globalisasi dapat diartikan sebagai hal-halkejadian secara umum dan keseluruhan, yang terkait dengan dunia.

Di dalarnnya mencakup kebijakan nasional yang rnernperlakukan seluruh dunia sebagai lingkungan yang layak diperhitungkan. Istilah Globalisasi berasal dan kata “global”. artinya secara umum dan keseluruhan, taksiran secara bulat. secara garis besar Istilah ini akan melibatkan kesadaran masyarakat dunia adalah kontinuitas lingkungan yang terkonsentrasi sebagai suatu kesatuan yang utuh.

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi

 

Menurut asal katanya. kata “globahsasi’ diambil dari kata global, yang rnaknanya ialah universal. Globaisasi juga dipandang sebagai suatu proses sosial, proses sejarah, atau proses alaniah yang akan mampu membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terkait dan terikat satu sama lain.. sehingga mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan rnenyingkirkan batas-batas geografis, ekononi dan budaya masyarakat.

Globalisasi juga didefinisilcan sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara-negara adikuasa, sehingga bisa saja orang memiliki pandangan negatif atau cuniga terhadapnya. Dari sudut pandang ini, Globalisasi tidak lain sebetulnya adalah suatu kapitalisme dalarn bentuknya yang paling mutakhir. Negara-negara yang kuat dan kaya (adidaya) praktis akan mengendalikan ekonomi dunia dan negara-negara kecil (lemah) akan makin tidak berdaya karena mereka tidak mampu bersaing.

Sebab, globalisasi cenderung berpengaruh besar terhadap perekononian dunia, bahkan berpenganuh tenhadap bidang-bidang lain seperti politik, sosial-budaya dan agama. Pemikiran Theodore Leitte yang tertuang dalarn bukunya yang berjudul ”Who Coined the Therm Globali:arion is Dead” (1985). menjadikan ia orang yang pertama kali menggunakan istilah globahsasi pada tahun 1985.

Arus globalisasi sernakin lama semakin meningkat dan menyeluruh kepada setiap aspek kehidupan sehari-hari. Globalisasi telah berubah menjadi gaya hidup baru kosmopolitan yang ditandai oleh berbagai kemudahan hubungan dan terbukanya berbagai macam informasi yang akan memungkinkan individu mengikuti gaya-gaya hidup baru yang disenangi.

Globalisasi dewasa ini telah berubah menjadi kekuatan yang teruss meningkat serta mampu menciptakan aksi dan reaksi dalam segenap kehidupan manusia di bumi. Globalisasi akan menciptakan dunia yang terdiri dari neara-negara terbuka untuk saling berhubungan terutama dengan ditunjang teknologi informasi yang sedemikian canggih. Topangan teknologi informasi ini pada gilirannya akan mampu rnerubah segi-segi kehidupan. baik kehidupan material maupun spiritual. Sebehun dijelaskan lebih dalam tentang Globalisasi, terlebih dahulu kita harus memahami apa yang dinaksud dengan globalisasi menurut pandangan para ahli.

Berikut mi terdapat beberapa pengertian teiitang globahsasi oleh para ahh:

a. Menurut Selo Sumardjan

Dalam bukunva yang berjudul Konflik-Konflik Sosial di Indonesia” (2002). beliau berpendapat bahwa Globahsasi adalah terbentuknva sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama.

b. Menurut Robert O. Keohane dan Joseph S. Nye

Dalarn bukunya yang beijudul “After the Cold War” (1993), mereka berpendapat bahwa Globalisasi yakni saling berhubungan, integrasi, dan saling keterkaitan antar rnasyarakat dan negara-negara seluruh duma.

c. Menurut Emanuel Richter

Dalam bukunya yang berjudul “Politische System and Comparative Politics” (1998), dia menuliskan bahwa Globalisasi ialah suatu jaringan kerja global yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpecah-pecah ataupun terisolir ke dalam ketergantungan dan peraturan dunia.

d. Menurut Lodge

Dalam bukunva yang berjudul “The Impact of Globalization” (1996), Lodge niendefinisikan Globalisasi sebagai suatu proses yang menempatkan masyarakat duiua bisa nienjangkau satu dengan yang lain atau saling berhubungan dalam segala aspek kehidupan mereka. baik dalam budaya, ekonorni, politik, teknologi maupun lingkungan hidup.

Memang globalisasi tidak dapat diartikan secara satu per satu dalam bidang kehidupan. Namun masing-masing bidang akan saling berkaitan antara satu sistem dengan sistem lainnva Pada era Globalisasi sekarang ini. dapat diartikan bahwa dunia semakin mengecil dan menyempit sehingga proses hubungan antar bangsa dan negara makin dekat. kornunikasi dan transportasi semakin cepat serta saling terpengaruh antara satu dengan yang lain. Dengan demikian Globalisasi akan melahirkan pandangan baru tentang konsep Dunia Tanpa Tapal Batas” yang akan membawa kepada perubahan-perubahan banru di duma. Dimana nantinya, secara tidak langsung sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat dan negara di seluruh dunia mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama. [pb]