Pengertian Globalisasi Menurut Ahli

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli – Globalisasi adalah proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronika. Secara terbatas, globalisasi terbentuk oleh adanya kemajuan dibidang komunikasi dunia. Misalnya, informasi dibelahan dunia dapat diketahui dengan cepat oleh masyarakat dibelahan dunia lain.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

 

Ada beberapa ahli yang mengemukakan pengertian globalisasi, antara lain:

  • Menurut Selo Soemardjan – Pengertian Globalisasi adalah sebuah proses terbentuknya suatu sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat yang berada di seluruh dunia yang bertujuan untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.
  • Menurut Edison A. Jamli dkk – Pengertian Globalisasi ialah sebuah proses yang muncul dari sebuah gagasan, yang kemudian ditawarkan agar diikuti oleh bangsa lain yang pada akhirnya akan sampai pada sebuah titik kesepakatan bersama dan menjadi panutan bersama bagi bangsa-bangsa yang berada di seluruh dunia.
  • Menurut Emanuel Ritcher – Pengertian Globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat dimana mereka sebelumnya berpencar dan terisolasi yang nantinya akan saling memiliki ketergantungan dan mampu mewujudkan persatuan dunia.
  • Menurut John Huckle – Pengertian Globalisasi ialah suatu proses dengan kejadian, kegiatan dan keputusan di salah satu belahan dunia yang berubah menjadi suatu konsekuensi yang signifikan untuk seluruh masyarakat di daerah yang jauh sekalipun.
  • Menurut Laurence E. Rothenberg – Pengertian Globalisasi ialah percepatan dari intensifikasi integrasi dan interaksi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.

Globalisasi merupakan suatu gejala terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi yang mengikuti sistem nilai kaidah yang sama antara masyarakat diseluruh dunia karena adanya kemajuan transportasi dan komunikasi sehingga memperlancar interaksi antarwarga dunia.

Kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi akan mempercepat proses golbalisasi. Dalam bidang komunikasi, telah tercipta berbagai jenis alat komunikasi yang mendukung dan memperlancar dalam berkomunikasi tanpa terhalang batas waktu dan jarak.

Mudah bukan mempelajari Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli? Jadi anda tidak usah pusing lagi mengenai apa pengertian globalisai karena admin sudah membagikan beberapa Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli di atas. Semoga bermanfaat dan bisa menamah wawasan anda. [pb]