Pengertian Gas Ideal dan Syarat Gas Ideal

Pengertian Gas Ideal dan Syarat Gas Ideal – Pada kesempatan ini admin Rumus Fisika akan berbagi tentang Pengertian Gas Ideal dan Syarat Gas Ideal yang merupakan bagian materi dari Kumpulan Rumus Fisika SMA Kelas 11. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda dengan mudah bisa memahami Pengertian Gas Ideal dan Syarat Gas Ideal. Lihat juga Pengertian Hukum Kekekalan Momentum.

Pengertian Gas Ideal

Seperti yang telah diketahui fase zat ada tiga yaitu padat, cair dan gas. Udara merupakan contoh dari fase gas. Gas ideal merupakan kumpulan dari partikel-partikel suatu zat yang jaraknya cukup jauh dibandingkan dengan ukuran partikelnya. Lihat Gambar berikut.
Keadaan partikel gas  monoatomik
Partikel-partikel itu selalu bergerak secara acak ke segala arah. Pada saat partikel-partikel gas ideal itu bertumbukan antar partikel atau dengan dinding akan terjadi tumbukan lenting sempurna sehingga tidak terjadi kehilangan energi. Apa yang dinamakan gas monoatomik? Mono berarti satu atomikberarti atom. Jadi gas monoatomik berarti gas yang partikel-partikelnya berupa atom tunggal. 
Contoh gas monoatomik adalah gas helium, neon, dan argon. Untuk kelas XI SMA ini masih dibatasi gas monoatomik. Sebenarnya ada gas yang lain, seperti gas diatomik; oksigen (O2), Nitrogen (N2), dan ada lagi gas triatomik; Karbondioksida (CO2) dan uap air (H2O).
Untuk mengetahui sifat-sifat lain tentang gas monoatomik dapat kita cermati penjelasan berikut.

Syarat Gas Ideal

Gas ideal merupakan gas yang memenuhi asumsi-asumsi berikut.
  • Suatu gas terdiri atas molekul-molekul yang disebut molekul. Setiap molekul identik (sama) sehingga tidak dapat dibedakan dengan molekul lainnya.
  • Molekul-molekul gas ideal bergerak secara acak ke segala arah.
  • Molekul-molekul gas ideal tersebar merata di seluruh bagian.
  • Jarak antara molekul gas jauh lebih besar daripada ukuran molekulnya.
  • Tidak ada gaya interaksi antarmolekul; kecuali jika antarmolekul saling bertumbukan atau terjadi tumbukan antara molekul dengan dinding.
  • Semua tumbukan yang terjadi baik antarmolekul maupun antara molekul dengan dinding merupakan tumbukan lenting sempurna dan terjadi pada waktu yang sangat singkat (molekul dapat dipandang seperti bola keras yang licin).
  • Hukum-hukum Newton tentang gerak berlaku pada molekul gas ideal.
 Demikianlah penjelasan Pengertian Gas Ideal dan Syarat Gas Ideal dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat dan jangan lupa lihat juga Definisi atau Pengertian Momentum dan Impuls.