Pengertian Energi, Macam-macam dan Bentuk Energi

Pengertian Energi – Pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi tentang Pengertian Energi dalam Fisika yang merupakan bagian materi dari Kumpulan Rumus Fisika SMP Kelas 8. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda dengan mudah bisa memahami Pengertian Energi dalam Fisika.

Pengertian Energi dalam Fisika

Sering kali kita mendengar kata Energi tapi kadang kita tidak paham apa sebenarnya Energi itu. Pada pembahasan kali ini kita akan membahasa Pengertian Energi agar kita tidak hanya pintar mengatakan Energi akan tetapi tidak mengerti dan paham baik apa itu Energi.

Pengertian Energi

Setiap saat manusia memerlukan energi yang sangat besar untuk menjalankan kegiatannya sehari-hari, baik untuk kegiatan jasmani maupun kegiatan rohani. Berpikir, bekerja, belajar, dan bernyanyi memerlukan energi yang besar. Kamu membutuhkan berjuta-juta kalori setiap harinya untuk melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, disarankan setiap pagi sebelum berangkat sekolah, kamu harus makan terlebih dahulu. Dengan demikian, tubuhmu cukup energi untuk melakukan kegiatan di sekolah dan untuk menjaga kesehatanmu.

Ketika kamu sakit dan nafsu makanmu hilang, tubuhmu akan lemas karena energi dalam tubuhmu berkurang. Jika demikian, kegiatan rutin sehari-harimu akan terganggu bahkan kegiatan ibadahmu pun akan terganggu. Menurutmu, apakah energi itu?

Kemampuan untuk melakukan sesuatu itulah yang disebut energi. Sesuatu itu dikatakan sebagai kerja atau usaha. Jadi, energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha.

Satuan energi dalam Sistem Internasional (SI) adalah joule (J). Satuan energi dalam sistem yang lain adalah kalori, erg, dan kWh (kilo watt hours). Kesetaraan joule dengan kalor adalah sebagai berikut.

1 kalori = 4,2 joule atau 1 joule = 0,24 kalori

Macam-macam Energi

Dalam ilmu fisika energi dibedakan menjadi dua jenis yakni energi kinetik da energi potensial.

Energi Potensial

Pengertian energi potensial adalah suatu energi yang dimiliki benda karena keadaan atau kedudukannya.

Bentuk dari energi potensial diantaranya energi potensial gravitasi, energi potensial pegas, dan energi potensial listrik. Energi potensil gravitasi timbul karena adanya gaya gravitasi.

Contoh energi potensial gravitasi adalah ketika kita melepaskan benda dari ketinggian tertentu, benda itu selalu jatuh ke bawah. Hal ini terjadi karena benda itu memiliki potensial untuk jatuh. Dengan kata lain, benda itu memiliki energi potensial gravitasi.

Energi Kinetik

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda saat bergerak. Energi itu akan dilepaskan (hilang) jika benda berhenti (diam). Besar dari energi kinetik suatu benda ditentukan oleh massa benda dan kecepatan gerak benda.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Semakin besar massa benda dan semakin cepat gerak benda, energi kinetiknya semakin besar. Benda yang bergerak lurus beraturan, bergerak lurus berubah beraturan, dan bergerak melingkar memiliki energi kinetik. Sehingga benda yang bergerak dengan kecepatan tetap disebut memiliki energi kinetik konstan.

Bentuk-bentuk Energi

 

Banyak sekali macam dan bentuk energi diantaranya :

Energi Kimia

Pengertian energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam senyawa-senyawa kimia.

Contoh Energi Kimia

  • Penggunaan lampu senter yang menggunakan batu baterai sebagai sumber energi kimia.
  • Bahan bakar minyak.
  • Aki dan lain-lain.

Energi Listrik

Energi listrik timbul dan perpindahan muatan-muatan listrik. Listrik merupakan salah satu bentuk energi yang paling banyak digunakan.

Contoh Energi Listrik

Penggunaan peralatas listrik : setrika, tv, penanak nasi dll.

Energi Kalor

Energi listrik dapat diubah menjadi energi kalor/panas.

Baca :

Contoh Energi Kalor :

  • Setrika listrik,
  • Kompor listrik,
  • Solder listrik, dan Hairdryier.

Energi Cahaya

Energi cahaya yang terbesar bersumber dari matahari. Tak hanya manusia dan hewan yang membutuhkan cahaya, bahkan tumbuhan pun menggunakan cahaya untuk memperoses makanan yang dikenal dengan sistem fotosintesis.

Energi Otot

Energi otot adalah energi yang dihasilkan oleh otot tubuh.
Contoh Energi Otot yakni manusia dan hewan yang menggunakan ototnya untuk melakukan kegiatan.

Energi Bunyi

Energi bunyi merupakan sebuah energi yang dihasilkan oleh getaran benda.

Contoh Energi Bunyi bunyi bel listrik, bunyi orang berbicara, dan bunyi alat-alat musik.

Energi Nuklir

Energi nuklir terjadi karena adanya reaksi fisi atau reaksi fusi dalam atom dan unsur radioaktif seperti uranium.

Contoh Energi Nuklir

Penggunaan nuklir sebagai sumber energi dalam Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

Demikianlah info Pengertian Energi, Macam-macam dan Bentuk Energi dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [bj]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *