Pengertian dan Macam Macam Gaya

Pengertian dan Macam Macam Gaya – Gaya adalah tarikan atau dorongan yang terjadi terhadap suatu benda. Gaya dapat menimbulkan perubahan posisi, gerak atau perubahan bentuk pada benda. Gaya termasuk ke dalam besaran Vektor, karena memiliki nilai dan arah. Sebuah Gaya disimbolkan dengan huruf F (Force) dan Satuan Gaya dalam SI (Satuan Internasional) adalah Newton, disingkat dengan N. Pengukuran gaya dapat dilakukan dengan alat yang disebut dinamometer atau neraca pegas. Untuk melakukan sebuah gaya diperlukan usaha (Tenaga), semakin besar gaya yang hendak dilakukan, maka semakin besar pula Usaha (tenaga) yang harus dikeluarkan.

Pengertian Gaya

Pengertian Gaya

 

Suatu pedati dapat bergerak karena adanya tarikan dari sapi . suatu meja dapat bergerak karena adanya dorongan yang di berikan seorang anak di belakangnya. suatu benda dapat bergerk karena adanya gaya, misalnya gerobak dapat bergerak karena di dorong.

Untuk melakukan suatu gaya di perlukan tenaga. gaya tidak dapat di lihat tetapi pengaruhnya dapat di rasakan. gaya ada yang kuat dan ada pula yang lemah. makin besar gaya yang dilakukan. , makin besar pula tenaga yang di perlukan. Di dalam laboraturium, gaya di ukur dengan menggunakan neraca pegas (dinamometer)  . Satuan gay adalam SI adalah Newton, sedangkan dalam CGS adalah dyne.

Macam Macam Gaya

Ada 2 macam gaya, yaitu gaya sentuh dan gaya tidak sentuh. gaya sentuh adalah gaya yang timbul karena persentuhan langsung secara fisik antara dua buah bendah contoh gaya sentuh, yaitu gaya gesek, gaya normal, gaya pegas gaya otot dan sejenisnya. gaya tak sentuh adalah gaya yang timbul walaupun kedua benda tidak bergesekan secara fisik. contoh gaya tak sentuh, yaitu gaya gravitasi , gaya magnet dan gaya listrik.

Setiap gaya memerlukan tenaga. berdasarkan sumber tenaga yang di perlukan, gaya di bedakan menjadi beberapa di antaraya sebagai berikut.

  1. Gaya gravitasi
  2. Gaya Magnet
  3. Gaya otot
  4. Gaya Gesek antara dua benda
  5. Gaya Listrik

Demikianlah info singkat dari admin Pengertianbelajar.net tentang Pengertian dan Macam Macam Gaya yang bisa dibagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam belajar Fisika. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *