Pengertian Cuaca, Iklim dan Perbedaan

Pengertian Cuaca dan Iklim – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Pengertian Cuaca dan Iklim, Istilah cuaca dan iklim sering digunakan untuk menggambarkan kondisi udara di suatu wilayah dan pada saat-saat tertentu. Kedua istilah ini memang serupa tetapi tidak sama. Jika cuaca menggambarkan keadaan udara harian di tempat tertentu yang relatif sempit dan waktu yang singkat, iklim menggambarkan kondisi udara tahunan dan meliputi wilayah yang relatif luas.

Pengertian Cuaca dan Iklim
Pengertian Cuaca dan Iklim

Agar kamu lebih memahami perbedaannya, bacalah ilustrasi berikut.

Pada hari Senin langit di Pontianak tampak begitu gelap, banyak awan serta angin yang bertiup terasa dingin, seperti membawa uap air. Selang beberapa waktu kemudian hujan turun dengan lebat. Pada saat yang bersamaan di Yogyakarta, langit begitu cerah sehingga Matahari bersinar dengan intensitas yang kuat dan udara terasa panas.

Dari uraian tersebut dapat dikatakan bahwa pada hari Senin cuaca antara Pontianak dan Yogyakarta berbeda.

Yogyakarta dan Pontianak merupakan dua kota yang terdapat di wilayah Indonesia. Keduanya memiliki iklim yang sama, yaitu iklim tropis. Dengan iklim tropis, wilayah Indonesia sepanjang tahun terkena sinar matahari. Berbeda dengan daerah kutub yang beriklim dingin, sinar matahari selama setahun tidak selamanya menyinari daerah tersebut.

Perbedaan Cuaca dan Iklim
Perbedaan Cuaca dan Iklim

Dari pengertian dan penjelasan diatas bahwa perbedaan antara cuaca dan iklim terletak pada 2 hal yaitu luas daerah dan lamanya waktu pengamatan. Dari 2 hal ini bisa disimpulkan:

  • Cuaca merupakan suatu keadaan yang memiliki daerah cakupan dan pengamatan yang lebih sempit dibandingkan iklim yang cakupannya lebih luas.
  • Pengamatan terhadap cuaca dilakuakn selama 24 jam sedangkan iklim pengamtan dilakukan selam 11-30 tahun.
  • Pada cuaca sifat cepat berubah sedangkan iklim sifat sangat sulit berubah.
  • Dan prakiraan pada cuaca termasuk mudah sedangkan iklim termasuk sulit.

Cuaca dan iklim bisa terbentuk karena ada unsur penyusunnya. Ada 7 unsur penyususn cuaca dan iklim diantaranya adalah sinar matahari, suhu, kelembaban udara, tekanan udara, angin, curah hujan dan awan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Cuaca dan Iklim dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [pb]