Pengertian Belajar Efektif

Posted on

Pengertian Belajar Efektif – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi informasi mengenai Pengertian Belajar Efektif. Khusus bagi anda yang ingin menabah wawasan dalam masalah Belajar EfektifBelajar efektif adalah cara belajar yang teratur, tuntas, secara berkesinambungan dan produktif yakni menghasilkan kepandaian, pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap mental dan intelektual yang baik serta bertanggung jawab.

Pengertian Belajar Efektif

Pengertian Belajar Efektif

 

Tujuan dari belajar efektif ini adalah untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan, jika siswa belajarnya tidak teratur, tidak tuntas, tidak terus menerus dan tidak sungguh-sungguh baik di sekolah maupun di rumah maka bisa menyebabkan tidak tercapainya sasaran belajar yang diharapkan dan bahkan sebaliknya.

Belajar akan dikatakan efektif & efisien apabila hasil yang dicapai/diperoleh seimbang dengan usaha yang dilakukan. Dalam belajar terdapat unsur rencana, ketepatgunaan serta kemanjuran pendekatan dan metode belajar yang digunakan.

Berikut ini ada 3 gaya belajar yang dikemukakan oleh Bobbi De Porter, dkk beserta instrument untuk mengetahui gaya belajar anda, yaitu:

a. Gaya Belajar Visual

Orang yang memiliki gaya belajar ini mempunyai ketajaman daya melihat. Dengan indera mata lebih memudahkannya dalam belajar, ia lebih nyaman belajar dengan warna-warni, garis dan bentuk. Ia lebih suka membaca daripada dibacakan, mengingat dengan gambar, memperhatikan segala sesuatunya dengan penampilan termasuk penampilan catatan dan buku.

b. Gaya Belajar Auditorial

Orang yang memiliki gaya belajar ini lebih mudah belajar dengan mendengarkan. Ia berusaha menggerakkan bibir saat membaca dan berbicara dengan pola berirama.

c. Gaya Belajar Kinestetik

Orang yang memiliki gaya belajar ini lebih gampang belajar dengan memvariasikan gerak dan perasaan. Ia belajar dengan melakukan, menunjuk tulisan saat membaca, menanggapi diikuti gerakan fisik, menyentuh teman, dan mengingat sambil berjalan.

Strategi Belajar Efektif & Efisien

Kebiasaan belajar efektif bisa dikembangkan dengan berbagai cara dan membiasakan belajar efektif ini bisa dilakukan oleh seseorang dengan cara-caranya tersendiri karena hal ini bukan suatu kegiatan yang kaku, dalam arti hanya terpaku pada hal-hal di bawah ini saja. Adapun cara-cara mengembangkan kebiasaan belajar efektif adalah:

Di rumah:

Adapun hal-hal yang bisa dilakukan di rumah dalam rangka mengembangkan kebiasaan belajar efektif, antara lain:

  • Belajar sesuai jadwal waktu belajar
  • Mengulang pelajaran di rumah
  • Mengerjakan tugas-tugas atau PR
  • Melengkapi buku-buku pelajaran
  • Mengembangkan gemar membaca
  • Menata ruang belajar
  • Menjaga kesehatan

Di sekolah

Mengembangkan kebiasaan belajar efektif di sekolah bisa dilakukan dengan cara:

  • Datang ke sekolah tepat waktu
  • Menyiapkan buku & alat tulis yang lengkap
  • Memusatkan perhatian & menekuni setiap materi pelajaran
  • Memberanikan diri untuk bertanya pada guru jika tidak jelas
  • Mengerjakan tugas-tugas
  • Memanfaatkan jam pelajaran kosong untuk belajar atau ke perpustakaan

Selain hal-hal yang dikemukakan di atas, pertimbangkan juga prinsip-prinsip berikut ini jika ingin belajar efektif dan efisien.

  1. Belajar memerlukan dorongan atau motivasi.
  2. belajar memerlukan pemusatan perhatian pada hal-hal yang sedang dipelajari.
  3. Berusaha untuk mengerti lebih dahulu sebelum dihafal.
  4. Sering mengulang hal-hal yang telah dipelajari.
  5. Yakinkan bahwa setiap pelajaran akan berguna nantinya.
  6. Setelah belajar perlu istirahat.
  7. Yakinkan bahwa hal-hal yang telah kita pelajari dapat dimanfaatkan untuk mempelajari yang lain (transfer pengetahuan).
  8. Belajar dengan ekspresi (melakukan kembali dengan bahasa sendiri).
  9. Hindari hal-hal yang dapat mengganggu/menghambat dalam belajar.

Demikianlah info singkat dari admin Pengertianbelajar.net tentang Pengertian Belajar Efektif yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam masalah Belajar Efektif. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *