Pengertian dan Macam Macam Akomodasi

Pengertian Akomodasi dan Macam Macam Akomodasi – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi info menarik tentang Pengertian Akomodasi dan Macam Macam Akomodasi. Artikel ini merupakan pembahasan baru di situs sederhana ini untuk pembahasan masalah Sosiologi.

Pengertian Akomodasi

Akomodasi adalah suatu usaha yang dilakukan untuk tercapainya penyelesaian sebuah masalah atau pertikaian oleh pihak-pihak yang bertikai dan mengarah pada keadaan atau situasi selesainya pertikaian atau masalah tersebut.Pengertian Akomodasi dan Macam Macam Akomodasi

Biasanya akomodasi diawali dengan berbagai upaya dari pihak-pihak yang mempunyai pertikaian untuk saling mengurangi konflik yang terjadi dari masing-masing pihak agar masalah yang terjadi cepet selesai.

Macam Macam Akomodasi

Selain dari pengertian, akomodasi juga memeliki beberapa bentuk. Apa saja bentuk dari akomodasi? Simak ulasannya disini.

1. Coercion

Pengertian Coercion adalah proses akomodasi yang proses pelaksanaannya dilakukan dengan cara paksaan ataupun menggunakan kekerasan. Coercion terjadi umumnya disebabkan adanya perbedaan derajat kedudukan yang jauh berbeda antara kedua pihak dalam struktur sosial. Contohnya adalah sengketa tahah antara orang kaya dengan orang miskin.

2. Compromise atau kompromi

Kompromi adalah proses akomodasi yang membuat kedua belah pihak saling mengurangi tuntutan atau ekspektasi mereka sehingga sumber ketegangan berkurang agar masalah ataupun konflik dapat terselesaikan. Contohnya kompromi antara sejumlah partai politik untuk berbagi kekuasaan sesuai dengan suara yang diperoleh masing-masing.

3. Arbitration

Arbitration adalah proses akomodasi yang dilakukan dengan menghadirkan pihak ketiga sehingga menjadi penengah pertikaian diantara kedua belah pihak yang berkonflik. Contohnya konflik antara buruh dan pengusaha dengan bantuan suatu badan penyelesaian perburuan Depnaker sebagai pihak ketiga.

4. Mediation atau mediasi

Mediasi adalah proses akomodasi yang merupakan penyelesaian pertikaian antara dua kelompok atau lebih yang kedua belah pihak tidak sanggup mencapai kesepakatan sehingga kedua belah pihak yang berkonflik menghadirkan pihak  ketiga agar konflik terselesaikan. Mediasi berbeda dengan arbitrasi karena dalam mediasi, pihak ketiga tidak berhak mengambil keputusan atau dengan kata lain bersifat netral sedangkan dalam arbitrasi, pihak ketiga dapat mengambil sebuah keputusan apabila terjadi kebuntuan sehingga tidak netral. Contohnya lampu merah lampu lalu lintas berwarna merah harus berhenti harus berhenti, jadi kendaraan harus berhenti.

5. Conciliation

Konsiliasi adalah usaha untuk mempertemukan pihak pihak yang berkonflik menggunakan perwakilan perwakilan dari kedua pihak sehingga mereka dapat mencapai persetujuan bersama dengan kepala yang lebih tenang. Contohnya kasus yang paling nyata terjadi di Aceh yaitu GAM atau gerakan Aceh Merdeka.

6. Toleration atau toleransi

Toleration atau toleransiadalah bentuk akomodasi yang paling acuh dari yang lain. Toleransi adalah bentuk akomodasi yang berusaha menghindari konflik sedapat mungkin. Contohnya adalah toleransi dalam beragama.

7. Stalemate

Stalemate adalah bentuk akomodasi yang terjadi antara pihak pihak yang memiliki kedudukan ataupun kekuatan yang sama besarnya sehingga konflik akan berhenti dengan sendirinya. Hal ini terjadi dikarenakan adanya pertimbangan apabila konflik berlanjut kepada perseteruan ataupun kontak negatif maka, akan terjadi kehancuran pada kedua pihak. Contohnya perang dingin tempo dulu atara USA vs Uni Soviet.

8. Adjudication

Adjudication adalah bentuk akomodasi dengan menggunakan jalan hukum yaitu pengadilan. Masing masing pihak sepakat untuk membawa masalah tersebut ke meja peradilan. Contohnya menyelesaikan suatu perkara di pengadilan.

9. Segregation

Segregation adalah upaya penyelesaian sengketa dengan cara masing-masing pihak saling menghindarikonflik agar tidak berkelanjutan. Contohnya pemisahan antara warga kulit putih, kulit hitam di Afrika Selatan pada masa politik apartheid.

10. Elimination

Elimination adalah upaya penyelesaian sengketa karena salah satu pihak bersedia mengalah, meminta maaf atau mengundurkan diri dari persaingan. Contohnya sebuah penyelesaian masalah yang terjadi karena mediasi yang dilakukan oleh salah satu pihak yang menyadari akan kesalahannya. [pb]