Pengaruh Interaksi Keselarasan Sosial

Posted on

Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Keselarasan Sosial – Apa yang dapat kamu pahami dari peristiwa di samping? Dalam sosiologi peristiwa ini dinamakan interaksi sosial. Dokter melakukan hubungan timbal balik dengan seorang nenek, begitu sebaliknya. Mereka berdua melakukan tindakan sosial yang saling mempengaruhi.

Pada interaksi sosial terjalin hubungan erat yang akan menciptakan keselarasan sosial. Oleh karena itu, interaksi sosial berpengaruh besar terhadap terbentuknya keselarasan sosial masyarakat yang bersangkutan. Melalui interaksi sosial, manusia saling bekerja sama, menghargai, menghormati, hidup rukun, dan gotong royong. Sikap-sikap tersebut mampu menciptakan keteraturan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat yang mendorong munculnya keselarasan sosial.

Pengaruh Interaksi Keselarasan Sosial

Pengaruh Interaksi Keselarasan Sosial

Keteraturan sosial merupakan suatu kondisi yang sendi-sendi kehidupan bermasyarakatnya berjalan tertib dan teratur sehingga tujuan kehidupan bermasyarakat dapat tercapai. Ciri-ciri terbentuknya ketertiban sosial sebagai berikut.

  • Terdapat suatu sistem nilai dan norma yang berlaku.
  • Individu atau kelompok memahami dan mengetahui nilai dan norma yang berlaku.
  • Individu atau kelompok menaati nilai dan norma dengan sebaik-baiknya.

 

Social orderter bentuk apabila aturan-aturan sosial yang berlaku dipatuhi oleh masyarakat. Social order adalah kondisi keteraturan sosial yang tetap dan berlangsung secara terus-menerus. Sebaliknya, jika seseorang bertindak dan bertingkah laku tidak sesuai dengan aturan-aturan sosial akan menciptakan kondisi yang tidak selaras.

Interaksi sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial yang bersifat dinamis dan ini merupakan bentuk umum proses sosial. Proses interaksi sosial biasanya diawali dengan kontak dan hubungan sosial dan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan manusia sebagai makhluk sosial. Melalui proses interaksi sosial, kita dapat melihat dan saling memahami latar belakang dan motivasi tindakan seseorang ataupun kelompok masyarakat dalam berhubungan dengan pihak lain.

Kecenderungan arah tindakan baik perseorangan ataupun kelompok, perlu diketahui dengan baik terutama untuk memenuhi kebutuhan hidupnya pada masa sosial. Interaksi sosial merupakan proses yang terjadi setiap saat dan disetiap tempat. Semua dilakukan sebagai wujud bahwa manusia membutuhkan orang lain, tidak dapat hidup sendirian dimanapun ia berada.

Contohnya pertikaian atau perkelahian antardua sekolah. Peristiwa ini umumnya disebabkan satu pihak merasa nama sekolahnya direndahkan sehingga perkelahian di antara dua sekolah tidak terelakkan.

Tindakan sosial yang mereka lakukan membentuk suatu hubungan timbal balik. Proses hubungan timbal balik ini dalam sosiologi dinamakan interaksi sosial. Dengan begitu, tidak selamanya interaksi sosial membentuk keselarasan, tetapi berpengaruh terhadap terbentuknya keselarasan sosial. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *