Penerapan Hukum Newton

Penerapan Hukum Newton – Pada kehidupan sehari-hari Anda pasti dapat menemui contoh penerapan hukum-hukum Newton. Dalam pembahasan ini Anda akan membahas beberapa contoh penerapan hukum-hukum Newton. Misalnya pada gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan. Untuk menyelesaikan permasalahan yang menggunakan hukum I dan II Newton pada suatu benda, ada beberapa catatan. 
  • Pertama, gambarlah diagram secara terpisah yang menggambarkan semua gaya yang bekerja pada benda tersebut (gambar diagram bebas). 
  • Kedua, gaya yang searah dengan perpindahan benda dianggap positif, sedangkan gaya yang berlawanan arah dengan perpindahan benda dianggap negatif.

Penerapan Hukum Newton

Berikut ini beberapa contoh penerapan Hukum Newton dilengkapi dengan rumus yang digunakan untuk menyelasaikan permasalahan yang ada.

1. Gerak Benda pada Bidang Datar

Gerak Benda pada Bidang Datar

Rumus :
Rumus Gerak Benda pada Bidang Datar

2. Gerak Dua Benda yang Bersentuhan

Gerak Dua Benda yang Bersentuhan
Rumus :
Rumus Gerak Dua Benda yang Bersentuhan

3. Gerak Benda pada Bidang Miring

Gerak Benda pada Bidang Miring
Rumus :
Rumus Gerak Benda pada Bidang Miring

4. Gerak Benda yang Dihubungkan dengan Katrol

Gerak Benda yang Dihubungkan dengan Katrol
Rumus :
Rumus Gerak Benda yang Dihubungkan dengan Katrol

5. Gerak Menikung di Jalan

Gerak Menikung di Jalan

Rumus :
Rumus Gerak Menikung di Jalan
Itu beberapa contoh Penerapan Hukum Newton yang dilengkapi dengan gambar serta rumus untuk memudahkan anda belajar tentang Penerapan Hukum Newton. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang Penerapan Hukum Newton akan dibahas di artikel selanjutnya secara detail dilengkapi dengan beberapa contoh soal. [rf]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *