Pemanfaatan Sumber Daya Modal

Pemanfaatan Sumber Daya Modal untuk Memenuhi Kebutuhan – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Pemanfaatan Sumber Daya Modal untuk Memenuhi Kebutuhan. Perpaduan sumber daya alam ( SDA ) dan sumber daya manusia ( SDM ) akan dapat dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan alat pemuas sebagai pemenuhan kebutuhan baik berupa barang maupun jasa. Sampai sekarang yang menjadi masalah adalah keberadaan sumber daya sangat terbatas baik jumlah maupun kualitasnya. Pada dasarnya, sumber daya yang terdapat di sekitar kita terbagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Pemanfaatan Sumber Daya Modal

Pemanfaatan Sumber Daya Modal

Modal merupakan sumber daya buatan manusia yang digunakan untuk membantu atau memudahkan proses produksi. Modal dapat berupa uang, barang, peralatan, dan mesin-mesin. Setiap kegiatan usaha pasti membutuhkan modal. Modal diibaratkan seperti bensin yang menggerakkan sepeda motor. Apabila ukuran usaha semakin besar, semakin banyak pula jumlah modal yang dibutuhkan.

Sumber daya modal sengaja dibuat sebagai sarana dan prasarana yang memudahkan kegiatan manusia. Contoh yang mudah adalah sarana listrik sebagai modal masyarakat. Sarana listrik disediakan pemerintah untuk menunjang kegiatan masyarakat. Coba bayangkan jika kehidupanmu tidak ada listrik. Pada malam hari lingkungan sekitar menjadi gelap, tidak ada hiburan, dan pekerjaan menjadi lebih sulit kamu kerjakan. Tidak hanya itu, banyak kebutuhan pihak lain yang berhubungan dengan listrik. Pabrik-pabrik tidak dapat mengoperasikan mesinnya tanpa listrik. Akibatnya, pemenuhan kebutuhan manusia menjadi terhambat. Walaupun sumber daya modal bisa diciptakan manusia, kita harus berperilaku bijaksana dalam memanfaatkannya.

Sumber daya modal adalah sumber daya yang dibuat oleh manusia baik beruapa  uang maupun barang dan digunakan untuk membantu kegiatan produks.

Modal barang, misalkan taanah untuk pertanian, kendaraan untuk tarsportasi dan lain-lain. Modal uang, misalkan menyewa tanah untuk bangunan, uang digunakan untuk modal dan lain-lain.

Macam-macam modal :

1. Berdasarkan Corak Pemakaiannya

  • Modal tetap, yaitu modal yang tahan lama dan dapat dipakai berkali-kali untuk kegiatan produksi.
  • Modal lancar, yaitu modal yang hanya dapat dipakai untuk proses produksi selama satu kali.

2. Berdasarkan Cara Pembetukannya

  • Pembetukan secara sukarela ( voluntary saving )
  • Pembetukan secara paksa ( force saving )

3. Berdasarkan Sumbernya

  • Modal individu, yaitu modal seseorang yang dimiliki dari kekayaan yang memberikan pendapatan bagi pemiliknya.
  • Modal asing, yaitu modal yang diperoleh dari luar perusahaan dan bertujuan untuk mengembangkan perusahaan.

Demikianlah pembahasan singkat tetang Pemanfaatan Sumber Daya Modal untuk Memenuhi Kebutuhan dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *