Panduan Belajar Bahasa Inggris

Panduan Belajar Bahasa Inggris – Sebelum kita melihat Panduan Belajar Bahasa Inggris terlebih dahulu admin akan mengajak anda untuk menengok sedikit penjelasan tentang bahasa yang mungkin kebanyakan orang tidak tahu.

Bahasa adalah hal yang unik. Di satu sisi bahasa adalah hal yang paling mudah dipelajari, karena semua orang sudah terbiasa dengan suatu bahasa sejak kecil. Tapi pada saat yang sama bahasa juga adalah hal yang paling sulit untuk dipelajari sebagian besar orang. Ini dikarenakan untuk mempelajari satu bahasa tidak hanya harus menghapal kata-kata dan mempelajari struktur bahasa tersebut, tapi juga lingkungan yang dimana sangat berperan untuk pemahaman. Dan untuk mempelajari suatu bahasa kita tidak harus mengikuti dengan kurikulum pelajaran yang ada, tapi kita bisa belajar dari berbagai macam sumber.

Panduan Belajar Bahasa Inggris

Di sini kita tidak akan membahas secara jelas Panduan Belajar Bahasa Inggris mulai dari dasar akan tetapi memberikan gambaran secara umum apa yang harus kita lakukan ketika belajar bahasa Inggris. Jaman sekarang para muda mudi Indonesia sebenarnya sudah cukup menguasai setidaknya familiar dengan prinsip-prinsip dasar bahasa Inggris. Setidaknya mereka bisa menggunakan bahasa Inggris untuk percakapan ringan. Dengan fasilitas seperti Internet, buku, film, majalah dll, orang sebenarnya sudah bisa belajar bahasa Inggris kapan saja asal mereka mau.Panduan Belajar Bahasa Inggris

Tapi apabila kamu sama sekali tidak menguasai bahasa Inggris dan ingin belajar yang pertama-tama kamu harus pelajari adalah Grammar atau struktur bahasa, ini sangat penting, sebelum kamu ingin menghapalkan vokabulari dan belajar yang lain-lain seperti idiom, kamu harus setidaknya cukup menguasai Grammar. Untuk belajar Grammar kamu bisa peroleh buku-buku Grammar bahasa Inggris dengan kualitas lumayan dan harga terjangkau di toko-toko buku seperti Gramedia atau Gunung agung. Atau kalau kamu punya akses Internet kamu bisa belajar di situs-situs belajar bahasa Inggris, dan akhirnya kalau kamu punya uang lebih kamu bisa mengikuti kursus-kursus kilat bahasa Inggris dengan harga terjangkau yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebelum kamu beranjak ke step berikutnya seperti vokabulari atau idiom dll, kamu harus menguasai dulu Grammar. Karena tak ada gunanya kamu tahu kata-kata bahasa Inggris tapi tidak tahu cara menggunakannya. Misalnya kamu tahu arti kata car dan have tapi karena kamu tidak mengerti Grammar kamu menyebutnya have car i, yang sebenarnya i have a car.

Baca :

Setelah merasa bahwa kamu cukup menguasai Grammar hal selanjutnya yang bisa kamu pelajari adalah menghapalkan vokabulari. Yang juga bisa kamu iringi dengan menonton film-film berbahasa Inggris, atau membaca majalah berbahasa Inggris. Sewaktu kamu menonton film, coba kamu teliti kalimat-kalimat yang diucapkan oleh para Aktris dan Aktornya, dan coba ingat-ingat apakah kalimat-kalimat itu kamu sudah familiar? dan apakah kamu merasa pernah belajar Grammar kalimat-kalimat tsb? apabila terasa kurang familiar, coba rewind filmnya dan catat kalimat-kalimat tsb sebisa kamu, dan apabila menemukan kata-kata yang yang kamu belum tahu, silahkan lihat di kamus, begitu juga dengan Grammar, apabila kamu belum terlalu familiar dengan Grammarnya, buka buku bahasa Inggris kamu dan coba cari tahu.

Akhirnya kamu juga butuh teman untuk berbincang dengan bahasa Inggris. Kamu beruntung jika kamu punya teman, orang Australia misalnya yang bisa kamu ajak berbincang-bincang, tapi meskipun tidak jangan kecil hati, kita sekarang hidup di era Internet. Arena Social Networking seperti Facebook, Twitter, Yahoo messenger, Google Groups, dll bisa kita gunakan untuk kenalan dengan orang dari luar negeri, sehingga kamu bisa mempraktikan bahasa Inggris kamu.

Dan juga untungnya karena bahasa Inggris juga menggunakan huruf latin selayaknya bahasa Indonesia, kamu bisa coba membaca majalah dan buku atau novel berbahasa Inggris, selama membaca jangan asal membaca saja tapi perhatikan struktur kalimatnya, dan apabila kamu menemukan kosa kata yang belum kamu tahu, langsung catat dan kemudian cari di kamus dan hapalkan.

1. Materi belajar (tulisan, audio dan visual)

Persiapkan materi yang menarik sebelum Anda memulai belajar. Belilah buku yang dilengkapi dengan fasilitas audio sehingga pada saat melihat materi yang ada di buku, Anda dapat sekaligus mendengarkannya dengan menjalankan audio lesson. Dengan banyak mendengar dan memahami materi yang disampaikan audio, Anda akan lebih mudah membentuk kemampuan berbicara sekaligus mendengarkan. Untuk materi visual, Anda dapat menggunakan film dengan subtitle bahasa Inggris sebagai media belajar.

Kamus merupakan buku yang wajib Anda miliki untuk belajar bahasa Inggris. Anda dapat memperbanyak kosakata untuk mempelajari kata-kata dan pola kalimat sederhana dalam bahasa Inggris. Materi juga bisa Anda dapatkan di online, berbagai situs telah menyediakannya.

2. Kapanpun dan dimanapun

Salah satu kelebihan dari belajar otodidak adalah Anda dapat melakukannya kapanpun dan dimanapun. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cepat, mudah dan efektif. Misalnya, Anda dapat menggunakan jam istirahat kuliah untuk mendengarkan audio lesson.

3. Praktikkan secara rutin

Belajar bahasa Inggris sama halnya dengan belajar sepeda, walaupun secara teori Anda memahami cara mengendarainya, namun tidak pernah mencoba menaiki dan mengayuh sepeda maka Anda tidak akan pernah bisa. Belajarlah terus menggunakannya walaupun banyak kesalahan yang dibuat. Untuk menguasai bahasa Inggris dibutuhkan keterampilan praktek.

Baca :

Jika Anda sudah menguasai beberapa kata dan pola kalimat bahasa Inggris, maka Anda dapat mencoba percakapan. Anda dapat menggunakan dunia maya sebagai media belajar Anda. Perluas percakapan dari hal biasa menjadi topik pembicaraan yang rumit. Kuncinya adalah Anda harus percaya diri dan konsisten dalam mempraktekkan apa yang sudah Anda pelajari.

Demikianlah info Panduan Belajar Bahasa Inggris dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [bj]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *