Menentukan Letak & Nama Unsur Geografi

Posted on

Menentukan Letak & Nama Unsur Geografi – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Cara Menentukan Letak dan Nama (Toponimi) Unsur Geografi. Pada dasarnya setiap peta dirancang sebaik dan semenarik mungkin. Tujuannya agar informasi dari peta dapat memenuhi kebutuhan pengguna peta. Selain disajikan dengan menarik, unsur geografi pada peta juga harus disajikan sesuai kaidah-kaidah perpetaan.

Menentukan Letak & Nama Unsur Geografi

Menentukan Letak & Nama Unsur Geografi

Penentuan Letak Unsur Geografi

Ada beberapa cara menentukan letak unsur geografi yang digambarkan dengan simbol. Cara menentukan letak unsur geografi sebagai berikut.

1. Berdasarkan Koordinat Geografi

Berdasarkan koordinat geografi yaitu perpotongan antara garis lintang dan garis bujur suatu lokasi bisa ditentukan. Oleh karena itu, prinsip ini bisa digunakan untuk menentukan letak toponimi suatu daerah. Sebagai contoh, kota A terletak pada koordinat 8° LS dan 110°15′ BT. Hal ini berarti penempatan simbol kota harus tepat pada koordinat tersebut. Cara ini sering digunakan untuk menentukan letak unsur-unsur geografi.

Garis koordinat geografi
Garis koordinat geografi

Unsur geografi yang digambarkan dalam peta dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu unsur posisional, linier, dan luasan. Unsur posisional adalah unsur yang tidak menunjukkan panjang dan luas. Contohnya titik ketinggian. Unsur linier adalah unsur yang hanya mempunyai nilai panjang. Contohnya jalan, sungai, dan garis pantai. Contoh unsur luasan adalah wilayah administrasi dan waduk.

Jika kamu perhatikan pada peta, kota disimbolkan dengan titik meskipun mempunyai unsur luasan. Mengapa kota hanya digambarkan dengan simbol titik? Penentuan suatu simbol memperhatikan jenis data, tujuan pemetaan, dan juga skala peta. Tidak mungkin kita menggunakan simbol area pada peta skala kecil untuk menggambarkan unsur luasan dengan luas yang relatif kecil. Oleh karena itu, simbol titik digunakan untuk menggambarkan unsur geografi yang berupa luasan.

2. Menggunakan Koordinat Peta atau Panduan Grid

Perhatikan gambar berikut!

Penentuan letak dengan garis koordinat peta
Penentuan letak dengan garis koordinat peta

Dengan koordinat peta atau panduan grid, simbol diletakkan pada grid yang sesuai dengan koordinat lokasi.

Penamaan Unsur Geografi

Apa jadinya jika nama-nama unsur geografi tidak ditampilkan pada peta? Tentu peta tidak memberi banyak manfaat, meskipun di dalam peta itu banyak ditampilkan simbol. Nama-nama geografi perlu dicantumkan pada peta karena nama ini dipakai sebagai identifikasi perwujudan unsur geografi.

Selain pemilihan jenis huruf, penempatan nama geografi pun juga harus tepat. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam peletakan nama geografi, yaitu posisi, arah penulisan, komposisi atau keseimbangan, penutupan unsur-unsur muka Bumi, serta kemudahan pembacaan. Perhatikan gambar contoh-contoh posisi penulisan unsur geografi berikut ini. Pada masing-masing gambar tersebut gambar sebelah kiri adalah gambar yang salah, sedangkan gambar kanan adalah gambar yang benar.

Contoh penulisan nama geografi
Contoh penulisan nama geografi

Demikianlah penjelasan singkat tentang Menentukan Letak & Nama Unsur Geografi dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Memetakan Data dengan Simbol pada Peta. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *