Manusia sebagai Makhluk Sosial

Posted on

Manusia sebagai Makhluk Sosial – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Manusia sebagai Makhluk Sosial. Apa yang akan kamu rasakan ketika kamu seorang diri di rumah? Mungkin awalnya kamu merasa bebas karena tidak ada seorang pun yang mengganggu. Akan tetapi, jika sendirian terlalu lama kamu akan merasa bosan, kesepian, bahkan muncul rasa takut. Ini menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk sosial.

Manusia sebagai Makhluk Sosial

Manusia sebagai Makhluk Sosial

Apa yang dimaksud dengan makhluk sosial?

Menurut Aristoteles, seorang filsuf dari Yunani, manusia adalah zoon politicon. Artinya, manusia dikodratkan untuk hidup bermasyarakat. Manusia selalu berusaha berinteraksi dengan orang lain. Bentuk interaksi manusia misalnya berbicara, berjabat tangan, bercanda, bertanya, bekerja sama, dan berdiskusi. Interaksi tersebut dilakukan secara langsung maupun menggunakan alat komunikasi, seperti telepon genggam atau surat.Mengapa manusia perlu berinteraksi dengan manusia lain? Hal ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia. Hampir dalam setiap kegiatannya, manusia selalu melibatkan orang lain.

Coba kamu pikirkan, berapa banyak orang yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Nasi yang kita makan berasal dari jerih payah petani. Lauk yang kita makan juga berasal dari usaha nelayan atau peternak. Belum lagi piring, sendok, garpu, dan gelas. Semua peralatan tersebut adalah hasil kegiatan industri yang melibatkan banyak orang. Jadi, jelaslah bahwa manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain. Manusia adalah makhluk sosial.Kamu telah mengetahui bahwa kamu adalah makhluk sosial.

Bagaimana usahamu untuk berhubungan baik dengan manusia lain?

Kamu dapat belajar menjadi makhluk sosial yang selalu bersikap berdasarkan nilai moral. Nilai moral dalam bersikap harus kamu terapkan di lingkungan rumah, sekolah, pertemanan, maupun di masyarakat. Kamu harus belajar cara bertoleransi, menghargai hasil karya orang lain, dan bersikap kasih sayang kepada orang lain. Kamu juga tidak boleh membeda-bedakan orang berdasarkan suku bangsa, agama, maupun ras. Kembangkan sikap menolong kepada sesama tanpa pamrih. Apabila kamu mau menerapkannya, kehidupan sosial masyarakat pun akan aman dan tenteram.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manusia sebagai Makhluk Sosial dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *