Kondisi Geografis dan Keadaan Penduduk

Kondisi Geografis dan Keadaan Penduduk – Pada kesempatan ini admin Pengertian belajar akan berbagi tentang Kondisi Geografis dan Keadaan Penduduk. Manusia memenuhi kebutuhannya dengan berbagai cara. Di dalam beberapa hal akan sangat tampak pengaruh kondisi geografis alami yang memberikan corak pada kehidupan penduduk.

Kondisi Geografis dan Keadaan Penduduk

Kondisi Geografis dan Keadaan Penduduk

a. Mata Pencaharian

Aktivitas penduduk dalam memanfaatkan sumber daya, terutama sumber daya alam akan melahirkan beberapa jenis mata pencaharian. Beberapa jenis sumber daya alam sering hanya tersedia pada kondisi bentang alam tertentu. Oleh karena itu, kita bisa menghubungkan antara bentang alam dan mata pencaharian.

Salah satu contohnya adalah nelayan. Mata pencaharian sebagai nelayan sangat berhubungan dengan sumber daya yang ada di perairan laut. Tidak salah apabila kemudian muncul anggapan bahwa aktivitas sebagian penduduk di wilayah tersebut sangat terkait dengan sumber daya alam yang ada. Tambak dan perahu-perahu nelayan yang mewarnai sepanjang pantai dapat menjadi indikator aktivitas penduduk setempat. Pada umumnya tambak pada musim hujan digunakan sebagai tempat budi daya ikan, sementara pada musim kemarau bisa juga digunakan sebagai tambak garam.

b. Pola Penggunaan Lahan

Ada satu lagi bentuk keterkaitan antara kondisi geografis dengan penduduk yang bisa kamu temukan yaitu keterkaitan antara kondisi alam dengan pola penggunaan lahan. Selain tambak, masih ada lagi beberapa contoh keterkaitan penggunaan lahan dengan alam. Salah satunya adalah sawah terasering. Sawah jenis ini diterapkan di wilayah dengan kemiringan lereng yang cukup tinggi. Penerapan pengolahan lahan terasering ditujukan untuk mengantisipasi keterbatasan lahan. Contoh keterkaitan yang lain, yaitu pola penggunaan lahan permukiman. Beberapa kenyataan menunjukkan adanya keterkaitan antara permukiman dengan bentang alam, seperti pola permukiman yang mengikuti sungai, mengelompok, berada di lembah dan wilayah dataran.

c. Kebudayaan

Mungkin sulit menemukan pengaruh kondisi geografis terhadap kebudayaan. Jika kamu mencermati benar-benar dalam kehidupan nyata, kamu bisa menemukan bentuk pengaruh tersebut. Bukan hanya pengaruh bentang alam, pengaruh kondisi geografis yang lain juga bisa kamu temukan. Jika kamu tinggal di wilayah pegunungan atau suatu saat singgah di kawasan tersebut, perhatikanlah cara berpakaian penduduknya. Untuk mengantisipasi kondisi suhu yang rendah, ratarata penduduk memakai pakaian yang tebal.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Kondisi Geografis dan Keadaan Penduduk dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat.[pb]