Pengertian Kedudukan dan Perpindahan dalam Fisika

Kedudukan dan Perpindahan – pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi tentang Pengertian Kedudukan dan Perpindahan dalam Fisika yang merupakan bagian materi dari Kumpulan Rumus Fisika SMP Kelas 7. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda lebih mudah memahami tentang Pengertian Kedudukan dan Perpindahan dalam Fisika.

Pengertian Kedudukan dan Perpindahan dalam Fisika

Bagaimana suatu benda dikatakan bergerak? Benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan kedudukan terhadap titik acuan tertentu. Misal kamu berada dalam bus yang bergerak meninggalkan halte (tempat pemberhentian). Bila halte ditetapkan sebagai titik acuan maka bus dan kamu di katakan bergerak terhadap halte. Apabila bus ditetapkan sebagai titik acuan maka kamu dikatakan tidak bergerak (diam) terhadap bus. Keadaan ini sering disebut gerak bersifat relatif artinya, benda dapat dikatakan bergerak terhadap titik acuan tertentu, tetapi tidak bergerak terhadap benda lain. Benda yang bergerak lurus menempuh lintasan garis lurus. Misal, bola yang menggelinding, kelereng yang menggelinding. Lintasan adalah titik– titik berurutan yang dilalui oleh suatu benda yang bergerak.

Konsep : Suatu benda dikatakan bergerak apabila mengalami perubahan kedudukan terhadap suatu titik yang ditetapkan sebagai acuan atau patokan.

Kedudukan sama artinya dengan letak. Kedudukan suatu benda dapat dinyatakan terhadap titik sembarang yang disebut titik acuan. Kedudukan suatu benda ditentukan oleh jarak terhadap titik acuan tertentu.

Pengertian Kedudukan dan Perpindahan dalam Fisika

Misal titik X ditetapkan sebagai titik acuan, maka kedudukan titik P adalah + 4. Kedudukan titik Z adalah –7. Andaikan titik W ditetapkan sebagai titik acuan, bagaimanakah kedudukan titik yang lainnya? Perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu benda akibat terjadinya perubahan waktu. Perpindahan bergantung pada kedudukan awal dan akhir,dan tidak bergantung pada lintasan yang ditempuh. Misal benda berpindah dari kedudukan x1 ke kedudukan x2, maka perpindahan kedudukan dirumuskan :

P12 = x2 – x1

Jadi kita bisa pahami bahwa Kedudukan dan Perpindahan tergantung dari mana dilihat (titik acuan). Kedudukan dan perpindahan hanya bisa ditentukan berdasarkan titik acuan.

Baca :

Demikianlah info Pengertian Kedudukan dan Perpindahan dalam Fisika dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [bj]