Jenis Jenis Peta, Isi, Objek, Bentuk, Skala

Posted on

Jenis Jenis Peta – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Jenis-Jenis Peta, di sini admin akan membagikan beberapa jenis peta yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Jenis Peta

Jenis Jenis Peta

Jenis peta dapat dibedakan sebagai berikut.

a. Berdasarkan Isi Peta

Berdasarkan isi yang disajikan, peta dibedakan menjadi peta umum (peta dasar) dan peta khusus (peta tematik). Bagaimana membedakan kedua jenis peta ini? Cobalah lihat peta Indonesia. Pada peta Indonesia tergambar kenampakan sungai, nama-nama kota, batas-batas wilayah, nama kepulauan, dan sebagainya. Perhatikan peta berikut ini!

Peta tambang
Peta tambang

Peta tambang di atas selain menggambarkan wilayah negara Indonesia juga menunjukkan persebaran bahan tambang di Indonesia. Berarti, ada informasi lain yang hendak ditonjolkan pada peta tersebut. Sekarang kita bandingkan peta kepadatan penduduk berikut ini dengan peta tambang. Keduanya sama-sama menggambarkan wilayah negara Indonesia, tetapi isi dari kedua peta sangat berbeda. Peta tambang berisi persebaran bahan tambang, sementara itu peta kepadatan penduduk menyajikan kepadatan penduduk suatu wilayah.

Peta umum yang digunakan sebagai dasar untuk membuat peta tematik disebut sebagai peta dasar. Contohnya, peta Indonesia bisa digunakan dasar untuk membuat peta bencana alam dan peta kepadatan penduduk. Dengan demikian, peta Indonesia yang kamu gunakan tersebut selain sebagai peta umum, juga disebut peta dasar.

b. Berdasarkan Objek Peta

Berdasarkan sifat objek yang disajikan, peta dapat dibedakan menjadi peta dinamis dan peta stasioner (tetap). Perhatikan peta di bawah ini!

Peta kepadatan penduduk
Peta kepadatan penduduk

Peta kepadatan penduduk di atas menyajikan kepadatan penduduk tahun 2005. Informasi pada peta ini setiap tahun pasti berubah karena jumlah penduduk setiap tahun selalu berubah. Peta yang menggambarkan objek yang tidak tetap atau selalu berubah dikatakan sebagai peta dinamis. Peta yang menggambarkan objek yang tetap dikatakan sebagai peta stasioner, seperti peta negara, provinsi, maupun peta administrasi.

c. Berdasarkan Bentuk Peta

Pada peta-peta di depan atau peta yang kamu lihat pada atlasmu disajikan pada bidang datar atau kertas. Peta semacam ini disebut peta biasa atau peta datar. Jika kamu melihat peta di samping, kamu akan memperoleh kesan relief yang berbedabeda. Kesan ini dapat ditangkap karena gambar tersebut disajikan dalam kenampakan tiga dimensi. Peta semacam ini disebut peta relief atau peta timbul.

Hal ini berbeda dengan peta di samping, yang tidak tampak kesan tiga dimensi. Peta tersebut merupakan suatu peta yang disajikan pada komputer yang disebut peta digital. Peta digital ini juga dapat dicetak menjadi peta biasa yang disajikan pada bidang datar atau kertas. Atas dasar perbedaan bentuk inilah peta dibedakan menjadi peta datar atau peta biasa, peta relief atau peta timbul, dan peta digital.

d. Berdasarkan Skala Peta

Peta berdasarkan skala dibedakan sebagai berikut.

  • Peta kadaster, skala 1:100 – < 1:5.000.
  • Peta skala besar, skala 1:5.000 – < 1:250.000.
  • Peta skala sedang, skala 1:250.000 – < 1:500.000.
  • Peta skala kecil, skala 1:500.000 – < 1:1.000.000.
  • Peta skala geografi, skala > 1:1.000.000.

Tahukah kamu mengapa berbagai ukuran skala peta dikelompokkan menjadi beberapa jenis? Adakah pengaruhnya terhadap isi peta? Sebenarnya sebuah kelengkapan isi peta dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya adalah tingkat kebutuhan pengguna peta. Jika sebuah peta hanya akan digunakan untuk kebutuhan sederhana, peta tersebut dapat dibuat sederhana asal tujuan utama bisa terpenuhi. Dengan demikian, peta itu dapat dibuat dengan skala kecil karena informasi yang akan disampaikan tidak detail. Selain kebutuhan pengguna, bidang cetak peta pun turut berperan dalam penentuan skala peta. Jika bidang cetak peta kurang, peta dicetak dengan sistem penomoran sheetseperti pada peta topografi Indonesia maupun peta rupa Bumi Indonesia.

Demikianlah penjelasan singkat dari admin bacajuga.com tentang Jenis-Jenis Peta, semoga bermanfaat. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *