Jenis Batuan dan Siklus Batuan

Batuan – Batu bermanfaat bagi manusia. Rumah, gedung, dan jembatan dibangun menggunakan batu. Bahkan, batu juga berfungsi sebagai kosmetik. Bedak atau talkdibuat dari bubuk batuan. Batu yang mempunyai nilai tinggi banyak dicari orang. Contohnya batu permata merupakan batu mulia yang dimanfaatkan sebagai hiasan. Batu marmer dan granit digunakan sebagai lantai rumah mewah karena keindahan dan kekerasannya. Tempat asal dan jenis batu-batuan tersebut bermacam-macam. Berikut ini akan dijelaskan tentang siklus batuan, jenis batuan, dan proses pembentukannya.

Jenis Batuan

Menurut pembentukannya, batuan dibedakan menjadi tiga jenis kelompok utama. Batuan tersebut adalah batuan beku (igneous), batuan endapan/sedimen (sedimentary), dan batuan malihan (metamorphic). Semua batuan pada mulanya berasal dari magma. Magma yang keluar di permukaan Bumi akan membeku menjadi batuan beku.

Batuan beku akan hancur terurai akibat panas matahari, hujan, serta aktivitas tumbuhan dan hewan. Batuan yang hancur dan terurai tersebut terangkut oleh air, angin, atau hewan ke tempat lain untuk diendapkan dan membentuk batuan sedimen.

Baik batuan beku maupun batuan sedimen dapat berubah bentuk dan komposisi mineral di dalamnya dalam waktu yang sangat lama karena adanya perubahan temperatur dan tekanan. Batuan yang berubah bentuk inilah yang disebut batuan malihan atau batuan metamorf.Jenis Batuan dan Siklus Batuan

Siklus Batuan

Suatu saat nanti jenis-jenis batuan yang ada sekarang ini akan berubah menjadi jenis batuan yang lain. Pecahan batuan beku yang hancur dapat berubah menjadi batuan sedimen. Selanjutnya, batuan beku dan batuan sedimen dapat berubah menjadi batuan malihan.

Batuan malihan mengalami pembakaran di dalam Bumi karena pengaruh tekanan dan panas Bumi. Batuan malihan yang terbakar kemudian mencair dan menjadi magma. Dari proses pembentukan batuan, kamu mengetahui bahwa magma yang mendingin dan mengeras membentuk batuan beku. Dengan demikian, batuan secara terus-menerus mengalami siklus yang berganti-ganti. Proses perubahan batuan yang berkelanjutan disebut dengan siklus batuan.

Demikianlah info singkat dari admin bacajuga.com tentang Jenis Batuan dan Siklus Batuan yang bisa dibagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam masalah Geografi. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *