Informasi Kondisi Geografis dari Peta

Posted on

Informasi Kondisi Geografis dari Peta – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Informasi Kondisi Geografis dari Peta. Informasi apa sajakah yang dapat kita ketahui dari kondisi geografis suatu wilayah? Kondisi geografis diketahui antara lain dari posisi dan letak geografis, luas wilayah, relief muka bumi, bentang alam, cuaca, serta iklim. Informasi tentang kondisi geografis suatu wilayah dapat diperoleh dengan pengamatan dari peta.

Sebagai contoh, perhatikan peta berikut ini!

Informasi Kondisi Geografis dari Peta
Peta Provinsi Jawa Timur

Peta di atas menunjukkan wilayah Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan peta itu kamu dapat mendeskripsikan kondisi geografis Provinsi Jawa Timur. Dari peta di atas diketahui bahwa posisi geografis Jawa Timur berada pada 5°37”LS–8°48” LS dan 110°54”BT–115°50” BT. Berdasarkan letak geografisnya, Jawa Timur berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara dan Samudra Hindia di sebelah selatan. Di sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan di sebelah timur berbatasan dengan Selat Bali. Kamu juga dapat menghitung luas wilayah Jawa Timur berdasarkan skala peta.

Berdasarkan peta di atas kamu dapat melihat bahwa bentang alam Jawa Timur cukup bervariasi. Di sebelah utara terdapat Pegunungan Kapur Utara dan di sebelah selatan terdapat Pegunungan Kidul. Di Jawa Timur terdapat gunung api yang masih aktif maupun tidak aktif. Gunung-gunung yang ada di Jawa Timur antara lain Gunung Anjasmara, Wilis, Kelud, Bromo, Semeru, dan Argopuro. Selain gunung atau pegunungan, kenampakan alam yang terdapat di Jawa Timur adalah daerah dataran rendah, dataran tinggi, dan perbukitan.

Dari peta Provinsi Jawa Timur juga terlihat wilayah tubuh-tubuh perairan seperti waduk, telaga, dan sungai. Telaga dan waduk yang ada di Jawa Timur antara lain Telaga Sarangan, Waduk Wlingi, Waduk Selorejo, Waduk Kesamben, dan Waduk Sutami. Sungai yang melintasi Jawa Timur antara lain Sungai Brantas dan Bengawan Solo. Kamu juga dapat menjelaskan keadaan alam Jawa Timur lainnya yang mencerminkan kondisi geografisnya. Peta tidak hanya menunjukkan lokasi suatu tempat, tetapi juga menunjukkan kondisi geografis suatu wilayah. Kamu dapat menjelaskan kondisi geografis wilayah tempat tinggalmu. Bukalah peta wilayah tempat tinggalmu dan jelaskan kondisi geografisnya!

Demikianlah pembahasan singkat tentang Informasi Kondisi Geografis dari Peta dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Menentukan Letak & Nama Unsur Geografi. [pb]

Kata Kunci :

kondisi geografis pulau jawa berdasarkan peta,bentang alam dan geografis jawa timur,mengamati kondisi geografis wilayah indonesia,letak geografis jawa timur,peta geografis jawa,kondisi geografis pulau jawa,kondisi geografis jawa timur berdasarkan peta,kunci kondisi geografis pulau jawa,kondisi alamjawa timur,kondisi geogratif pulau jawa berdasarkan peta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *