Hubungan antara Usaha dan Energi dalam Fisika

Posted on
Hubungan antara Usaha dan Energi – Pada kesempatan ini admin bacajuga.com akan berbagi tentang Hubungan antara Usaha dan Energi dalam Fisika yang merupakan bagian dari materi Kumpulan Rumus Fisika SMP Kelas 8. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda bisa memahami dengan baik Hubungan antara Usaha dan Energi dalam Fisika.

Hubungan antara Usaha dan Energi dalam Fisika

Nah sekarang kita akan belajar Hubungan antara Usaha dan Energi tapi sebelumnya pahami dulu dengan baik Usaha dalam Fisika dan HukumKekekalan Energi. Jika sudah memahami dengan baik tentunya Kamu sudah mengetahui bahwa energi adalah kemampuan melakukan usaha. Definisi tersebut menunjukkan bahwa usaha memiliki kaitan yang erat dengan energi. Untuk dapat mengetahui kaitan energi dengan usaha lakukan kegiatan berikut.
  • Angkat bukumu sampai ketinggian 0,5 meter. Pada saat gayamu melakukan usaha mengangkat buku sampai setengah meter, apakah terjadi perubahan energi? Jelaskan.
  • Doronglah sebuah buku sejauh setengah meter. Pada saat gayamu melakukan usaha pada buku tersebut, apakah terjadi perubahan energi? Jelaskan.
  • Dari kegiatan di atas, apakah hubungan antara usaha dan energi? Berilah kesimpulan.
Ketika gayamu berusaha mendorong mobil sehingga bergerak, berarti telah terjadi perubahan energi dari energi yang dikeluarkan olehmu menjadi energi gerak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ketika gaya melakukan usaha pada sebuah benda maka akan terjadi perubahan energi pada benda tersebut. Usaha yang dilakukan pada sebuah benda yang bergerak horisontal menyebabkan perubahan energi kinetik. Dengan demikian, besarnya usaha sama dengan perubahan energi kinetik benda. Secara matematis ditulis sebagai berikut.

W=∆ EkW=∆Ek2 -Ek1

dengan:

W = usaha (J)
Ek = perubahan energi kinetik (J)
Ek2 = energi kinetik akhir (J)
Ek1 = energi kinetik awal (J)

Hubungan antara Usaha dan Energi dalam Fisika
Benda diangkat dengan gaya dorong FTangan = mg
Ketika kamu mengangkat sebuah balok, kamu akan memberikan gaya dorong terhadap balok. Pada saat ke atas, berlaku:

WTangan = FTangan . s = m g h

Saat ke bawah:

WGravitasi = FGravitasi . s = –m g h

Usaha yang dilakukan oleh gaya gravitasi bumi (benda yang bergerak vertikal) sama dengan perubahan energi potensial gravitasi. Secara matematis ditulis sebagai berikut.

W=∆ EPW=EP2-EP1W=mg(h2-h1)

dengan:

W = usaha (J)
∆EP = perubahan energi potensial (J)
EP1 = energi potensial awal (J)
EP2 = energi potensial akhir (J)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *