Gerak Parabola dan Contoh Soal disertai Pembahasan

Gerak Parabola – Sebelumnya admin Rumus Fisika sudah menjelaskan tentang Gerak Melingkar, kali ini admin akan melanjutkan pembahasan ke Gerak Parabola.
Bagaimana lintasan bola yang dilempar miring dengan sudut tertentu? Gerak yang terjadi dinamakan gerak parabola atau gerak peluru. Coba perhatikan Gambar berikut ini
Gerak Parabola
Jika bola dilemparkan dengan kecepatan v0 dan sudut elevasi α maka kecepatannya dapat diproyeksikan ke arah mendatar (sumbu X) dan arah vertikal (sumbu Y). Persamaannya seperti di bawah.

v0x = v0 cos α …………………………..(1.23)v0y = v0 sin α

Pada arah sumbu X (horisontal) v0x tidak dipengaruhi oleh percepatan sehingga terjadi gerak lurus beraturan (GLB). Sehingga berlaku hubungan berikut.

vx = v0x …………………………..(1.24)
dan x = vx t

Pada arah sumbu Y (vertikal), v0y akan dipengaruhi percepatan gravitasi yang arahnya ke bawah dan besarnya g = 10 m/s2. Sehingga pada arah ini terjadi gerak lurus berubah beraturan (GLBB) diperlambat. Perumusannya berlaku persamaan berikut.

vy = v0y − gt
dan y = v0y t – ½ gt2 ………………………….(1.25)

Dari penjelasan di atas kalian tentu sudah bisa menyimpulkan bahwa gerak parabola terjadi karena perpaduan gerak GLB dan GLBB yang saling tegak lurus.
Contoh Soal
Bola dilemparkan dengan kecepatan awal 25 m/s dari tanah dan sudut elevasinya 370 (sin 370 = 0,6). Percepatan gravitasi g = 10 m/s2. Tentukan: a. kecepatan bola pada 1 sekon pertama, b. posisi bola pada 2 sekon pertama!

Penyelesaian
v0 = 25 m/s
α = 370 g = 10 m/s2
Perhatikan proyeksi kecepatan awal pada Gambarberikut.
Pythagoras

a. Kecepatan pada t = 1s memenuhi:
vx = v0x = 20 m/s
vy = v0y − g t = 15 − 10.1 = 5 m/s
Dari nilai kecepatan vx dan vydapat diperoleh kecepatan bola pada t = 1 s dengan menggunakan dalil Pythagoras sehingga diperoleh:
Penyelesaian contoh soal gerak parabola

b. Posisi bola pada t = 2 s memenuhi:
x = vx t = 20.2 = 40 m
y = v0y t –
½ gt2= 15.2 − .10.22 = 10 m
Posisi bola dapat ditentukan seperti di bawah. r = (x, y) = (40, 10) m

Demikianlah penjelasan singkat admin tentag Gerak Parabola, jangan lupa untuk tetap mengikuti update artikel di Rumus Fisika karena untuk penjelasan Gerak Parabola masih akan dilanjut untuk pembahasan Titik Tertinggi dan Titik Terjauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *