Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Contoh Soal

Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Contoh Soal – Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah gerak benda dengan lintasan garis lurus dan memiliki kecepatan setiap saat tetap. Kecepatan tetap adalah saat benda menempuh perpindahan yang sama selang waktu yang dibutuhkan juga sama.

Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Apakah kamu dapat menyebutkan satu contoh saja gerak lurus beraturan (GLB)? Salah satu contoh gerak lurus beraturan adalah misalnya pada jalan yang lurus dan tidak ada hambatan, kendaraan dapat bergerak dengan kecepatan tetap selama beberapa waktu. Tetapi kebanyakan gerak mengalami perubahan kecepatan. Coba kamu sebutkan contoh gerak lurus beraturan yang lainnya!
Apabila sebuah mobil bergerak dengan kecepatan tetap 2 km/menit, pernyataan ini mengandung makna setiap menit mobil tersebut menempuh jarak 2 km. Lebih jelasnya perhatikan tabel berikut ini!
Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Contoh Soal
Suatu benda atau objek dikatakan bergerak jika mengalami perubahan posisi atau berpindah tempat. Perpindahan tersebut relatif terhadap kedudukan awal atau suatu titik acuan. Ketika Seorang murid berjalan dari kursinya ke depan kelas sambil memegang buku, apakah buku juga bergerak? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak tergantung pada titik acuannya. 
Jika acuannya adalah kursi tempat duduk murid tersebut, maka buku dikatakan bergerak sebaliknya jika acuannya adalah tangan murid, maka buku dikatakan tidak bergerak karena tetap berada pada tangan tersebut. Hal mendasar lainnya yang harus dipahami adalah bahwa saat membahas persoalan gerak, maka untuk besaran-besaran vektor, arah sangat berpengaruh. 
  • Untuk membahas soal-soal tentang gerak lurus beraturan tentu kita harus memahami konsep-konsep dasar mengenai gerak lurus beratursn GLB. Suatu benda dikatakan bergerak lurus beraturan apabila : Lintasannya lurus 
  • Bergerak dengan kecepatan konstan 
  • percepatan sama dengan nol 

Besaran-besaran yang harus dipahami dalam gerak antara lain : 
  • Kecepatan (v) merupakan besaran vektor yaitu memiliki nilai dan arah. 
  • Kelajuan (v) merupakan besaran skalar yaitu hanya memiliki nilai saja. 
  • Pepindahan (s) merupakan besaran vektor yaitu memiliki nilai dan arah. 
  • Jarak (s) merupakan besaran skalar yaitu hanya memiliki nilai saja. 
  • Waktu (t) merupakan besaran skalar. 

Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Soal Seorang murid berenang menempuh kolam renang yang panjangnya 40 m selama 20 detik kemudian ia berputar balik dan kembali ke posisi awal dalam waktu 22 detik. Hitunglah kecepatan rata-rata murid tersebut pada : 
a) bagian pertama perjalanannya yaitu saat murid menyeberangi kolam meninggalkan posisi awalnya.
b) bagian kedua perjalanannya yaitu saat ia kembali ke posisi awal. 

Pembahasan 

Diketahui : 
s = 40 m 
t1 = 20 s 
t2 = 22 s 
a) v = s / t1 = 40/20 = 2 m/s 
b) v = -s / t2 = -40/22 = – 1,8 m/s 
Keterangan : 
Pada bagian kedua perjalanannya, perhatikan bahwa murid tersebut berbalik arah. Karena kecepatan dan perpindahan merupakan besaran vektor, maka arah akan sangat berpengaruh. Dengan begitu, karena arah kecepatan dan perpindahan pada bagian kedua berlawanan arah dengan bagian pertama, maka kecepatannya bertanda negatif. Tanda negatif hanya sebagai tanda bahwa arahnya berlawanan.