Definisi atau Pengertian Besaran Momentum dan Impuls

Definisi atau Pengertian Besaran Momentum dan Impuls – Pada kesempatan ini admin Rumus Fisika akan berbagi tentang Definisi atau Pengertian Besaran Momentum dan Impuls yang merupakan bagian materi dari Kumpulan Rumus Fisika SMA Kelas 11. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda dengan mudah bisa memahami Definisi atau Pengertian Besaran Momentum dan Impuls.
Momentum dan Impuls

Definisi atau Pengertian Besaran Momentum dan Impuls

Definisi atau Pengertian Besaran Momentum

Sudah tahukah kalian yang disebut momentum?  Momentum sering disebut sebagai jumlah gerak. Momentumsuatu benda yang bergerak didefinisikan sebagai hasil perkalian antara massa dengan kecepatan benda.  Perhatikan persamaan berikut.

P = m . v………..(1)

Dengan :
p = momentum (kg m/s)
m = massa benda (kg)   

v = kecepatan benda (m/s)

Jika kalian perhatikan persamaan di (1) maka kalian  dapat menentukan jenis besaran momentum. Massa m  merupakan besaran skalar dan kecepatan vadalah besaran  vektor, berarti momentum merupakan besaran vektor.  Karena besaran vektor maka menjumlahkan vektor harus  mengetahui besar dan arahnya. Penjumlahan tersebut kita  namakan resultan vektor. 

Definisi atau Pengertian Besaran Impuls

Impuls didefinisikan sebagai hasil kali gaya dengan waktu yang dibutuhkan gaya tersebut bergerak. Dari definisi ini dapat dirumuskan seperti berikut.

I = F . Δt ……….(2)

Dengan : 
I = impuls (N)
F = gaya yang bekerja (W)  

Δt = selang waktu kerja gaya (s) 

Coba perhatikan persamaan (2), Δt merupakan  besaran skalar sedangkan F adalah vektor berarti impuls  adalah besaran vektor.
Hubungan besaran
Kalian pasti masih ingat hukum II Newton. Jika suatu benda yang bergerak dikenai gaya maka benda itu akan mengalami percepatan F = m a. Apa yang akan terjadi jika nilai F ini disubstitusikan pada persamaan (2)? 
Jawabnya dapat diperhatikan seperti di bawah!

I = F .Δt…………(3) 

I = m a .Δt        I = m Δv

Besaran apakah m Δv itu? Tentu kalian sudah tahu yaitu perubahan momentum. Berarti besar impuls dan  momentum memilki hubungan yang cukup erat. Hubungan itu dapat dituliskan sebagai berikut.

I = Δp

dengan :

I = impuls dan Δp = perubahan momentum

Dari persamaan 3 dapat dikatakan bahwa setiap  benda yang diberikan impuls pasti akan berubah momentumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *