Cara Menggambar Peta & Tiap Tahapannya

Cara Menggambar Peta – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Cara Menggambar Peta. Nah, kini saatnya kamu akan diajak membuat peta, yaitu peta yang dapat kamu buat berdasarkan peta yang telah ada atau peta dasar. Carilah peta suatu wilayah yang menggambarkan kenampakan geografi wilayah tersebut. Selanjutnya, dari peta itu kamu mengambil informasi-informasi umum seperti batas wilayah, kota, jalan, dan sungai yang kamu gunakan untuk membuat peta dengan tema lain. Peta wilayah yang kamu gunakan sebagai dasar untuk membuat peta lain dapat kamu sebut sebagai peta dasar. Peta lain tersebut dapat berupa peta persebaran data geografi yang dapat kamu tentukan sendiri temanya.

Cara Menggambar Peta

Cara Menggambar Peta

Beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam penggambaran peta sebagai berikut.

1) Menentukan Daerah yang akan Dipetakan

Penentuan daerah yang akan dipetakan kita lakukan dengan mencari peta wilayah yang layak digunakan sebagai peta dasar. Peta tersebut dapat berupa peta topografi, peta rupa Bumi, dan peta administrasi. Kamu dapat memperoleh peta-peta tersebut di instansi pemerintah atau swasta.

2) Membuat Peta Dasar

Menyusun peta dasar dilakukan dengan menggambar kembali peta wilayah. Gambarlah peta dasar dengan teliti. Gunakan simbolsimbol dan komponen lain yang masih terpakai.

3) Mencari dan Mengklasifikasikan Data Sesuai dengan Kebutuhan

Mungkin kamu akan bertanya-tanya dari mana kamu memperoleh data geografi yang beraneka ragam. Kamu bisa memperoleh data geografi melalui dua sumber berikut ini.

  • Melalui observasi lapangan untuk melakukan pengukuran maupun pencatatan lapangan. Kamu dapat mengukur dan mencatat data-data yang kamu butuhkan di lapangan secara langsung sesuai dengan tema peta yang akan kamu buat.
  • Kita dapat mendatangi kantor-kantor pemerintah maupun lembaga-lembaga nonpemerintah untuk mendapatkan data yang kita inginkan. Kamu bisa memperoleh data jumlah penduduk di kantor Badan Pusat Statistik (BPS). Kamu juga dapat mendatangi kantor kelurahan maupun kecamatan untuk memperoleh data mengenai wilayah tersebut.

4) Membuat Simbol-Simbol yang Mewakili Data

Pembuatan simbol dilakukan setelah mengenali jenis data. Simbol dibuat sederhana dan mudah dimengerti. Simbol yang menarik membuat tampilan peta lebih menarik.

5) Menempatkan Simbol pada Peta Dasar

Penempatan simbol pada peta selayaknya memenuhi unsur keterbacaan dan keindahan. Selain indah, peta juga dapat dibaca dengan jelas. Letakkan simbol pada tempat yang tepat.

6) Membuat Legenda (Keterangan)

Legenda berisi keterangan mengenai simbol. Legenda dibuat sejelas-jelasnya untuk menghindari kesalahan pembacaan. Legenda ditempatkan pada tempat yang kosong sehingga tidak mengganggu kenampakan peta.

7) Melengkapi Peta dengan Tulisan (Lettering)

Secara Baik dan Benar Lettering adalah tata cara penulisan pada peta. Tiap objek dalam peta memiliki tata cara penulisan yang berbeda. Letteringpada peta berfungsi memberikan identitas pada wilayah sehingga bisa terbaca persebarannya di permukaan Bumi.

Baca : Manfaat Peta dan Jenis Peta

Dengan mengetahui cara membuat peta, kini kamu pun bisa membuatnya. Dengan menggunakan peta yang akan kamu buat, kamu dapat memperkenalkan dan mempromosikan potensi daerahmu. Apa yang terjadi jika daerahmu menjadi dikenal orang? Mungkin dengan petamu nanti, akan ada investor yang tertarik menanam investasi di daerahmu.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Cara Menggambar Peta dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [pb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *