Cara Membuat Sketsa Peta

Posted on

Cara Membuat Sketsa Peta – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Cara Membuat Sketsa Peta, Peta yang ada saat ini berkembang sangat pesat. Perkembangan teknologi telah membantu menciptakan peta-peta dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Walaupun demikian, peta-peta sederhana masih sangat diperlukan. Peta yang masih sederhana sering disebut denah atau sketsa. Sketsa atau denah sudah ada sejak zaman dahulu. Orangorang Mesir Kuno membuat sketsa pada batu dan tanah lempung.

Cara Membuat Sketsa Peta

Cara Membuat Sketsa Peta

Sketsa paling awal yang menggambarkan kenampakan muka bumi seperti jalan setapak, sungai, dan pepohonan diketahui dibuat sekitar 3.000 SM.

Kamu juga dapat membuat sketsa. Kamu dapat menunjukkan lokasi rumah, kantor, desa, dan berbagai tempat penting dengan sketsa atau denah. Denah sering dijumpai pada undangan pernikahan atau pesta lainnya. Denah tersebut menunjukkan lokasi berlangsungnya acara tersebut. Pada denah tersebut tidak semua objek digambarkan. Objek-objek penting saja yang ditampilkan pada denah tersebut. Denah juga dapat digunakan untuk menunjukkan letak sekolahmu.

Bagaimana cara membuat denah atau sketsa? Langkah-langkah membuat sketsa atau denah sebagai berikut.

  • Mengetahui ciri khas kenampakan wilayah yang akan dibuat denah. Ciri khas yang terdapat pada suatu wilayah, misalnya jalan, gapura, tempat ibadah, kantor pemerintah, dan kenampakan lainnya. Hal itu akan mempermudah pembacaan denah.
  • Menggambarkan jalan-jalan utama di denah tersebut. Jalan utama harus dicantumkan dalam denah. Nama jalan harus dicantumkan dengan jelas. Dengan demikian, pengguna denah tidak tersesat.
  • Menggambarkan objek-objek penting. Objek-objek penting perlu dicantumkan dalam denah untuk mempermudah menemukan objek yang dituju. Objek-objek tersebut dibuat dengan simbol yang mudah dikenali. Contoh objek-objek penting, misalnya gedung sekolah, rumah sakit, terminal, pasar, dan objek-objek lainnya.
  • Mencantumkan tanda arah. Tanda arah berguna untuk menunjukkan arah. Tanda arah membantu pengguna denah menemukan letak atau posisi objek-objek yang digambar.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Cara Membuat Sketsa Peta dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta. [pb]

Kata Kunci :

sketsa peta indonesia,cara membuat sketsa peta,cara membuat sketsa peta desa,cara sketsa peta,cara membuat sketsa map indonesia,cara menggambar peta mesir,sket peta indonesia,sketsapeta indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *